kembali ke top page

selamat datang!

Buku Tamu yang lalu (2004)

Terima kasih kunjungan Anda.

jika komputer Anda tidak di-install font huruf Jepang, ada huruf yang menjadi aneh Karena masalah teknis. Jangan bingung.

Seperti sebagai berikut
“??e“ú?t: 1999”N 08?? 17“ú 17:27 ? ini menunjukkan tahun 1999, bulan 08, tanggal 17, waktu 17:27.
?¼?@?@‘O: ishizawa ini menunjukkan nama pengirim message.
e-mail : QWK06417@nifty.ne.jp ini menunjukkan e-mail address pengirim message.
?^?C?g??: test ini menunjukkan judul message.

test:hari ini HUT RI ke-54 ini isinya message.


maaf, mungkin dikirim message yang lain. tetapi ada kemungkinan dihapus karena halangan teknis. Mohon maaf.

Untuk membaca Buku Tamu yang terakhir, silakan klik sini.

membaca Buku Tamu


投稿日付: 2004年 12月 30日 10:22
名  前: Dwan
e-mail : spike_spigel@doramail.com
タイトル: Saya salut kepada ISHIZAWA Takeshi

Ini pengunjungan saya yang ke-2 kali-nya ke website ini. Sebelumnya 3 tahun yang lalu. Saya salut kepada ISHIZAWA Takeshi-san karena bapak masih menulis esai-esai yang sangat menarik dari dahulu sampai sekarang. Saya salah satu orang yang terobsesi dengan Jepang, apapun mengenai Jepang saya suka. Dari sepak bola JFA, Anime, Manga, Makanan dan lainnya lagi. Tetap semangat dalam mengajar dan membuat esai pak ISHIZAWA Takeshi-san ! Ganbatte...


投稿日付: 2004年 12月 29日 23:00
名  前: sefiyanto
e-mail : sefiyanto@yahoo.com
タイトル: Kensyushei

Konbanwa , Watashi Sefiyanto desu Indonesia karakimashita watashi wa kensyusei (calaon pemagang) tolong informasi untuk bisa belajar dan bekerja ke jepang selama ini saya sudah mengikuti pendidikan bahasa jepang di pusdiklat cianjur dan sekarang saya sedang menunggu untuk mendapatkan certifikat of egebility yang belum selesai, mm..bagaimana cara yang lain untuk bisa bekerja di jepang selain mendapatkan ilmu bahasa juga pengalaman hidup di jepang,,...tolo0ng informasinya..


投稿日付: 2004年 12月 28日 22:53
名  前: ABA OWERRI GUYMAN
e-mail : guy@guyman.com
タイトル: Ok

I think we all have to try to make the world a better place. GUYMAN


投稿日付: 2004年 12月 27日 16:29
名  前: Rosury san
e-mail : raosan2002@yahoo.com
URL : -
タイトル: Hajimemaste..

Hai ..Saya Rosury dari Malaysia..saya suka membaca homepage kamu..ada banyak yang sebelumnya saya tidak tahu kini..sudah memahami..perkara mengenai Jepun..Untuk pengetahuan saya pernah belajar di Jepang sekitar tahun 2002 dibawah Program Dasar Pandang Ke Timur Malaysia -Jepang.Harap anda dapat menceritka sedikit perkara mengenai..pertunjukan kebudayaan Japang seperti Kabuki..dan lain-lain.terimakasih..


投稿日付: 2004年 12月 25日 14:29
名  前: yoyok
e-mail : kodewku@yahoo.com
タイトル: cara belajar bhs jepang yg cepat

salam kenal
saya sekarang ada di osaka
tepatnya di awaji
tetapi saya masih belum lancar ngomong jepang
saya datang di jepang 8 oct 2004
saya juga sekolah disini
tapi saya ingin cepat bisa ngomong jepang
tapi sulit sekali untuk bercakap2
saya tinggal dengan adik saya yang menikah dg orang jepang
bagi yang bisa membantu bisa kasih saran ke saya
bapak takeshi, mungkin bapak tahu homepage atau center untuk mencari teman di jepang, terutama cewek jepang yang tertarik dengan indonesia
saya ingin sekali punya teman cewek jepang
sehingga saya bisa membantu saya belajar bhs jepang
terima kasih atas perhatiannya


投稿日付: 2004年 12月 25日 10:03
名  前: ully
e-mail : urinomeeru@hotmail.com
タイトル: tentang esai anda

saya tertarik dengan esai anda,saya mendapatkan banyak informasi tentang Jepang melalui esai anda. Karena saya seorang mahasiswa yang sedang belajar bahasa Jepang, jadi saya tertarik dengan apa saja yang berhubungan dengan JEpang. Mungkin saya akan sering membuka essai anda ini. Terimakasih


投稿日付: 2004年 12月 24日 17:16
名  前: umul khasanah
e-mail : umulk@yahoo.com
タイトル: shibaraku desune

kita sama-sama ngajar di untag. saya sekarang di kochi univ. ingat kan? Homepage anda bagus. saya tertarik akan bahasa Indonesia anda, jadi kalo anda tidak keberatan saya akan berikan sedikit koreksi, sebatas yang saya bisa. mungkin adakalanya saya tidak tau alasannya penggunaan bahasa/kata tsb, tapi "perasaan" saya tahu akan penggunaannya yang umum.


投稿日付: 2004年 12月 24日 11:06
名  前: Dewi Ariantini Yudhasari M.Hum
e-mail : deza@centrin.net.id
タイトル: Anda dimana sekarang..?

Iashizawa san ..apakabar..? saya pernah menulis mail untuk anda bertanya tentang zainichi bungaku. Sekarang saya sedang mnulis tentang pop culture khususnya tentang Korean fever in Japan. Anda ada dimana sekarang..? di Indonesia atau di Jepang..? tolong kasih kabar ya...kalau ada kesempatan saya ingin berkonsultasi dengan anda. Terima kasih sebelumnya. Selamat Natal dan Tahun Baru 2005. dari dewi


投稿日付: 2004年 12月 23日 13:08
名  前: rarasati mawftiq
e-mail : rara_chantiq.yahoo.com
タイトル: hajimemashite......................:)

doomo arigatogozaimasu atas semua infomasinya,sebenarnya saya sangat senang sekali mengunjungi situs ini, saya sangat suka tentang jepang, dan saya sangat bermimpi saya dapat pergi kejepang ataupun kuliah disana, mohon petunjuknya..............


投稿日付: 2004年 12月 19日 18:13
名  前: RONI
e-mail : ronniewae@yahoo.com
タイトル: ingin berkenalan

saya pernah datang ke seminar tentang asal-usul bangsa jepang, di situ dijelaskan bahwa orang jepang yang sekarang kemungkinan ada darah dari jawa, dibuktikan dengan fosil pithecantropus javanicus (maaf kalau tulisannya keliru). saya mengajar bahasa jepang di Unesa, sekarang sedang di kita urawa JF


投稿日付: 2004年 12月 17日 11:00
名  前: ISHIZAWA Takeshi(webmaster)
e-mail :
URL : http://www.02.246.ne.jp/~semar/
タイトル: 祝・UNTAG日本語学科インターネット開通

昨日、日本語学科のパソコンが、やっとインターネットに
つながりました。これで日本語学科の学生たちも、自由に
インターネットが使えるようになります。万歳。
Kemarin, komputer di Jurusan bahasa Jepang UNTAG,
baru disambungkan dengan internet.
Mahasiswa jurusan Jepang bisa memakai internet dengan bebas. Asyik !!!!!


投稿日付: 2004年 12月 14日 21:56
名  前: rina
e-mail : rinandra_na@yahoo.com
タイトル: senang sekali

salam kenal. saya merasa kagum dengan penulis website ini. lewat site ini saya jadi merasa lebih dekat dengan jepang. saya penggemar jepang entahlah apa karena sejak kecil saya senang baca komik jepang dan nonton film oshin. tapi mulai dari sana sya begitu menyukai segala hal yang berhubungan dengan jepang (mungkin tidak semua) tapi banyak sekali. Apalagi tentang etos kerja, cara berfikir kebanyakan orang jepang yang katanya bagus/paling tidak lebih bagus dari orang indonesia,(disiplin dll)saya jadi lebih gandrung dengan jepang. apalagi budayanya yang unik, cuacanya dll. ingin sekali suatu saat nanti bisa pergi ke jepang.


投稿日付: 2004年 12月 13日 15:34
名  前: Roslee Noor Othamn00
e-mail : raosan2002@yahoo.com
URL : -
タイトル: Masyarakat Kampong

Konichiwa..saya ingintahu lebih lanjut bagaimana masyarakt luar kota di Japang menjalani kehidupan.


投稿日付: 2004年 12月 12日 16:52
名  前: pambudi
e-mail : age_pambudi@yahoo.com
タイトル: Apa sih artinya Sekken

Apa benar pola hidup di Jepang itu berkelompok-kelompok?


投稿日付: 2004年 12月 11日 17:24
名  前: caca
e-mail : aku_venda@yahoo.com
タイトル: numpang tanya hehe

saya dari indonesia dan ingin tahu perkembangan komik di jepang.sebelumnya terima kasih


投稿日付: 2004年 12月 09日 02:05
名  前: cahya rahma dewi
e-mail : cahyarahma@yahoo.com
タイトル: yoroshiku

はじめまして、
チャヤと申します。インドネシアの西ジャワから来ました。今、静岡大学教育学部で日本語を勉強しています。この web は見つかれてよかったと思います。どうぞよろしくお願いします。
頑張ってください。。。。dalam pembuatan web ini....


投稿日付: 2004年 12月 08日 01:49
名  前: sami
e-mail : amijpg01@yahoo.com
タイトル: salam kenal.


salam kenal takeshi san...saya sekarang ini tinggal di jepan,sudah berkeluarga,suami orang jepang.sudah 6 tahun..saya mau tanya takeshi san..tipe laki2 jepang yang sudah berkeluarga bagaimanakah kesetiaannya terhadap istri?apakah masih saja suka main perempuan? atau kah tidak.mohon balas ke alamat email saya...terima kasih banyak buat takeshi san....


投稿日付: 2004年 12月 06日 16:28
名  前: cia
e-mail : ciax7@hotmail.com
タイトル: Haloo

Salam kenal ...!


投稿日付: 2004年 12月 04日 05:03
名  前: TAKAHARA Hideyoshi
e-mail : ario_takahara@yahoo.com
URL : www.geocities.com/ario_takahara
タイトル: Salam Kenal :)

Salam kenal Pak Ishizawa Takeshi, saya sangat terkessan dengan artikel anda. bagus-bagus semua :). saya sendiri ingin sekali pergi ke jepang, tetapi belum ada kesempatan. oh iya, saya orang malang (nama kota^^). di malang juga banyak orang jepang (kebanyakan mahasiswa yang ikut pertukaran pelajar). kalau sempat barangkali Bapak mau mampir ke Malang :)


投稿日付: 2004年 11月 27日 20:32
名  前: David
e-mail : yasha2002@plasa.com
タイトル: Japan

Saya sangat suka sekali sama musik2 Jepang.


投稿日付: 2004年 11月 26日 10:50
名  前: Sandy Halim
e-mail : sandyosaka@yahoo.co.jp
タイトル: Salam Kenal

Saya baru saja membuka homepage Anda (ini pun secara kebetulan) dan saya sangat tertarik dengan tulisan-tulisan Anda. Saya sangat senang karena dapat memperoleh banyak pengetahuan dari tulisan-tulisan Anda. Memang saya sudah banyak mendengar dan diceritakan mengenai Nihon no bunka (saya sekarang belajar di Senmongakkou di Osaka) tetapi saya jarang melihat yang berbahasa Indonesia. Kalau boleh, tolong huruf kanji atau hiragana juga disertakan (selain Roma-ji). Douzo yoroshiku onegai itashimasu.
PS: Apakah saya boleh memakai "kana" di situs ini?


投稿日付: 2004年 11月 26日 02:26
名  前: Albertus
e-mail : albertus_phn@yahoo.co.jp
タイトル: インドネシア語の必要性

konbanwa,

Hajimemashite

Chubu-jawa shusshin no aruberuto desu. Genzai, toukyo no kichijoji ni sundeorimasu. yoroshiku onegaisimasu.

nihon-go no gakushuu-sya wa ooi you desu kara , arufabetto-ka sita nihon-go no bunshou wo kakimasu. watashi wa nihon ni kitekara 4nen-kan-han tatteimasu. Nihon wa ii tokoro desuga, warui tokoro mo arimasu. maa, sorezore no kuni wa dokuji no mondai wo kakaeteiru to omoimasu. Nihon wa tashika ni ganbatteiru hito ga takusan imasu ga, nan no tame ni ganbatteiruka wo tokidoki miusinattesimaimasu. desukara, saikin no wakamono wa kaigai ni ittari, shuushoku sezuni arubaito wo sinagara , jibun no koto ya shourai wo kangaetari suru hito ga fuetekimasu.

sate, nihon-go wo benkyosuru tame ni, nani ga hitsuyou ka toiu koto wo o hanashi wo sitai to omoimasu. watashi wa daigaku no katawara, indonesia-go wo osieteimasu. Iwayuru arubaito toiu mono desune. Tokidoki, tsuuyaku ya honyaku mo siteimasu. Nihon-go wa taihen yoku tsukawareteiru shigoto desune. Shigoto wo yatteiru aida, hitotsu, kigatsuita no wa , nihon-go to indonesia-go no kankei desu. Watashi wa daigaku dewa rikei , tsumari butsuri ya suugaku ga takusan atsukau bunya desunode, sono kankei wo sugu ni siraberu koto ga dekimasen ga , saikin, bunken wo iroiro sirabeta tokoro, Indonesia-go to nihon-go wa keitai teki ni onaji guru-pu ni haitteiru kotoga wakarimasshita. Desukara, minna san wa, nihon-go wo yaru mae ni, mou ichido, koukou no koku-go no kyoukasho wo yari naositahou ga ii to omoimasu.

Tatoeba, O-mise ni haitte, ten-in san ni 「nani wo chuumon simasuka?」to kikaretara,[watashi wa udon desu] to ittemo okashikuwa arimasenne. kore wa, indonesia-go de hyougen sitara, [mau pesan apa?] ni taisite, kotae wa[ saya udon.]demo kamaimasen. Kore wa eigo nado no seiyou no kotoba dewa, arienai hanashi desu. nanimo kamo, dousi wo tsukenaitoikemasenne, eigo wa. tsumari, minna san no indonesia-go wa, nihon-go no joutatsu ni tsunagatteiru wake desune. Jikan wa arimasu node, indonesia-go wo mou ichido shoshin no kimochi wo motte, nihon-go no sekai ni tobikomeba yoroshii ka to omoimasu.

choubun ni nattesimaimasuga, ganbatte nihon-go wo benkyositekudasaine. Nihon-go wo hanaseru Indonesia-jin mo takusan imasunode, kitto minna san mo tadashii houhou de manabeba, nihon-go mo jouzu ni naru to omoimasu.

mata, kakikomi wo sasete itadakitai to omoimasu ga, yoroshiku onegaisimasu.


投稿日付: 2004年 11月 25日 15:00
名  前: Nala Gareng
e-mail : nala_gareng@yahoo.com
タイトル: salam kenal

Halo saudara Takeshi

Salam kenal. Panggil saja saya Gareng.Baru beberapa bulan yang lalu saya menemukan dan membaca anda punya HP. Waah, enak dibaca dan dilihat. Tulisan anda mudah dimengerti, informaif, netral dan kadang-kadang lucu, sekalipun untuk orang kebanyakan seperti saya. Artikel yang paling menarik adalah tentanmg kebatinan di Jepang dan manga. Saya sendiri pengumpul informasi tentang kebatinan atau ajaran-ajaran esoteris dari seluruh dunia. Walaupun tidak mempelajarinya secara mendalam dan tidak sistematis, tetapi hobi ini semakin membuka cakrawala pengetahuan dan pengertian saya Halo saudara Takeshi.tentang kekayaan spiritual bangsa-bangsa di dunia. Pengetahuan tersebut membantu saya dalam memandang agama yang saya anut melalui perspektif yang lebih luas sehingga dapat membantu saya menghindarkan diri dari perangkap fanatisme dan kepicikan kronis.

Saya baru tahu bila di Jepang ternyata banyak sekali terdapat aliran kebatinan selain agama Buda dan sekte-sektenya serta Shinto. Jauh lebih banyak daripada di Indonesia. Hal ini mungkin bisa dimengerti karena di Indonesia terjadi pengontrolan yang ketat oleh pemerintah terhadap ajaran-ajaran esoteris. Tidak seperti di Jepang. Saya sendiri tidak terlalu setuju dengan cara seperti di Indonesia ini. Sebab suatu ajaran benar atau tidak bukan pemerintah yang mestinya menentukan. Lagipula keputusan pemerintah terhadap hal iniseringkali dipengaruhi oleh kepentingan politis penguasa pada saat itu. Suatu ajaran akan hidup terus atau tidak (“benar atau salah”) itu mestiinya alam yang menentukan. Mati hidupnya ditentukan secara alamiah, artinya masyarakat pendukungnya sendiri yang mestinya menentukan (sepanjang ajaran tersebut tidak mengganggu ketertiban umum dan berprinsip damai). Tapi yah, beginilah Indonesia yang kami cintai ini.

Satu hal yang menarik dalam tulisan anda adalah tentang civil society dan sekularisme. Saya sendiri belum begitu faham tentang arti istilah-istilah ini, jadi hanya meraba-raba saja. Tentang civil society, bisakah diterangkan ringkasnya dan contoh praktisnya?
Tentang sekularisme, saya tidak yakin bisa diterapkan di Indonesia ini. Tetapi sebagai wacana, secara prinsip saya OK. Sebab ya, itu tadi, negara seringkali bias dalam menentukan keputusan. Lagipula agama dan kekuasaan bukanlah pasangan yang tepat. Dan, seperti pendapat anda, bahwa agama, kepercayaan atau apapun namanya itu adalah urusan pribadi dengan Sang Pencipta, bukan dengan negara. Tapi yah, mungkin pendapat seperti ini memang tidak populer di Indonesia.

Tentang manga. Saya suka sekali komik Jepang. Walaupun saya pernah membaca terjemahannya beberapa saja tapi komik Jepang jelas lebih cerdas dan menarik. Saya cemburu dengan ini, karena di Indonesia masih ketinggalan jauh. Gaya-gaya gambarnya saya suka. Anda boleh percaya penilaian ini karena saya sendiri seorang pelukis.

Satu hal lagi, saya saat ini sedang tertarik pada instrumen musik seruling bambu dari Jepang. Beberapa waktu lau saya sempat membuat eksperimen dengan membuat sendiri seruling Shinobue dan Shakuhachi dengan bantuan situs-situs Jepang di internet. Tetapi saya masih kesulitan dengan shakuhachi. Selain suara dan rupa, yang saya sukai dengan shakuhachi ini adalah latar belakang kisah masalalu seruling komusho ini. Apakah benar riwayatnya memang seromantis itu? Anda punya artikael lebih menarik tentang itu?

Wah, jadi terlalu panjang ya. OK saya sudahi disini dulu. Sampai lain kali.

Salam,
Gareng

NB. Alamat e-mail yang terdahulu kliru. Yang betul ini.


投稿日付: 2004年 11月 23日 16:16
名  前: soe
e-mail : morikamiyuuta@yahoo.co.jp
URL : soe.serendipityq.com (tapi lagi down)
タイトル: scholarship

sensei, saya kuliah di ITB jurusan design, ada nggak scholarship full (+lifecost) yang ditawarin dalam bidang design, multimedia, atau animasi yang ada di tokyo/oosaka? saya bener bener pengen nyari beasiswa di jepang, waktu itu saya daftar ke manbusho, tapi ga bisa ikut tesnya soalnya saya harus daftar ulang ITB dan kayaknya saya ngga dapet S1 waktu itu. saya baru pass nouyroku shiken level 4 sih tapi saya juga kadang2 diminta tolongin buat translate manga, jadi bahasa jepang saya udah selevel ama anak SD kali ya, hehe. jadi saya mohon bantuannya, onegai shimasu m(_ _)m, yokattara, tolong balas ke email saya..


投稿日付: 2004年 11月 22日 15:24
名  前: ISHIZAWA Takeshi(webmaster)
e-mail :
URL : http://www.02.246.ne.jp/~semar/
タイトル: Selamat hari raya Idul Fitri 1425H

Saya mengucapkan "Selamat hari raya Idul Fitri 1425H. Mohon maaf lahir dan batin".
Hari ini sever universitas saya baru hidup kembali.
Kalian bagaimana persiapannya Nihongo noryoku shiken yang dua minggu nanti ?


投稿日付: 2004年 10月 31日 12:50
名  前: lina
e-mail : yustitia777@yahoo.co.jp
タイトル: Salam kenal

Saat ini aku baru 3 bulan tinggal di Jepang, ikut keluarga, aku punya 2 putri, aku ingin punya teman yang berprofesi di bidang hukum. Kalau ada yang tahu tolong beritahu. yoroshiku onegaeshimasu.


投稿日付: 2004年 10月 23日 22:08
名  前: dewi wulandari
e-mail : dewi_qatrunada@yahoo.com
タイトル: konichiwa

aku tertarik dengan jepang dan ingin tau lebih banyak lagi.aku harap kamu bisa membantuku.


投稿日付: 2004年 10月 23日 21:53
名  前: ahmad
e-mail : iboel_chan@yahoo.com
タイトル: Sejarah Jepang

Saya mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri jurusan sastra Jepang. Saya sangat membutuhkan informasi tentang sejarah Jepang, khususnya sejarah pada periode Taisho, yang mungkin Anda sangat tahu bahwa referensinya sangat sedikit. Saya membutuhkan banyak data dalam bahasa Indonesia, Onegai Shimasu!!!


投稿日付: 2004年 10月 23日 14:45
名  前: indri
e-mail : kirei_love_icam@yahoo.com
タイトル: Nouryokushiken

Apakah anda tahu bagaimana cara mengerjakan soal nouryokushiken dengan efektif, karena pada bagian choukai saya selalu kesulitan, apakah tiap levelnya kaiwanya semakin cepat?


投稿日付: 2004年 10月 22日 16:45
名  前: Age Pambudi
e-mail : age_pambudi@yahoo.com
URL : -
タイトル: Sekedar Ide Untuk Artikel Berikutnya

Sensei, bagaimana kalau ke depan juga ada pencerahan tentang tata kehidupan birokrasi pemerintah Jepang. Membenahi birokrasi di Indonesia ini khan sulitnya bukan main. Indonesia lama terjajah, jadi birokrasinya memiliki tipe minta dilayani, bukan pelayan masyarakat. Nah, bagaimana dengan birokrasi di Jepang, apakah sama. Saya mencermati, mungkin dalam beberapa segi bisa jadi kerja mereka lambat, dst, cuma sepertinya kok tidak ada ya yang namanya uang rokok, atau sejenisnya. He...he... Dalam analisis lanjut pun diungkapkan bahwa, kebangkitan ekonomi Jepang yang hanya butuh waktu kurang lebih 40 tahun, tidak terlepas dari elit birokrasi yang benar2 serius untuk mengembalikan martbat bangsa Jepang. Sepertinya, ini sangat menarik. Mohon dipertimbangkan. Salam.


投稿日付: 2004年 10月 22日 16:24
名  前: Age Pambudi
e-mail : age_pambudi@yahoo.com
URL : -
タイトル: Kretivitas Tiada Henti, Selamat Berkarya

Untuk Ishizawa Sensei, kretiviatas and membantu kami memahami masyarakat Jepang secara utuh. Dalam ulasan2 anda, terlihat begitu netral dan tidak memihak. Memberikan pencerahan, yang sangat bermanfaat. Misalnya, tanggapan masyarakat Jepang dan Posisi Pemerintah Jepang dalam mengirimkan pasukan bela diri-nya ke Irak. Dalam hati kecil saya, mungkin enggak yach Jepang ke depan akan menjadi negara mandiri terlepas dari ketergantungan terhadap USA. Kalau, demikian seperti yang Sensei ceritakan, berarti Jepang belum merdeka seutuhnya sebagai negara dong yach? Betapa-pun rakyat di seluruh bumu ini mengagumi kehebatan Jepang, satu2nya negara di asia yang mampu menyejajarkan diri secara ekonomi dengan negara2 di Eropa dan Amerika. Meskipun, kalau saya mencermati ulasan Bapak, setidaknya ada aksi kibishi dalam sistem pemerintahan terhadap masyarakatnya. Ditunggu terus informasinya. Salam.


投稿日付: 2004年 10月 22日 04:33
名  前: Tizoc
e-mail : Roubee_Tizoc@yahoo.co.jp
タイトル: 拝啓

私はROBI KRISTIAN、インドネシアのスラバヤ市にありますUNTAG大学生。先生のホームページをはいけんしたあとでこのE-MAILをかきます。先生のインドネシア語は上手ですね。ホームページでおもしろい事まんがの解釈と思います。
私もまんがの絵書くするこたが好きですからでしょ、それに絵をかくすることがもうすき、水彩画の絵。実日本のクラシックをなりたいんですが、先生はこの絵を書くができるなら、教えておねがいでしょか。いつでも結構ですので、御回答いただけましたら幸と存じます。どうぞよろしくお願い申しあげます。

敬具


投稿日付: 2004年 10月 21日 01:14
名  前: Budi
e-mail : buditc@hotmail.com
タイトル: saya punya koleksi Dragon stamp dari jepang,ada yg minat?

saya punya koleksi perangko jepang, dan kebanyakan tua, sekitar tahun 1871-1940, perangko pertama jepang juga ada 2 buah, dan banyak lagi yang cukup tinggi harganya di katalog, apa ada yang minat untuk membelinya?kondisinya kebanyakan used atau terpakai.harga nego.lalu saya juga ada film tua, yang menampilkan Yogyakarta pada tahun 1936 dan ada juga cuplikan kubjungan Gubernur jendral belanda Tjarda yang naik Kereta kencana bersama Sultan Hamengku Buwono VIII, dan diiringi prajurit2 kraton waktu itu.jika mungkin ada yg minat film tersebut, saya hendak menjual dgn harga tinggi. kalau minat, kirim mail ke saya dengan memberikan judul surat, supaya mail itu jelas.terima kasih atas media ini.


投稿日付: 2004年 10月 19日 14:03
名  前: ISHIZAWA Takeshi (webmaster)
e-mail :
URL : http://www.02.246.ne.jp/~semar/
タイトル: test

Di Surabaya, hari ini jaga panas. Kapan mulai musim hujan ?


投稿日付: 2004年 10月 16日 13:36
名  前: ISHIZAWA Takeshi (webmaster)
e-mail :
URL : http://www.02.246.ne.jp/~semar/
タイトル: Sudah satu bulan di Surabaya

Sudah satu bulan di Surabaya.
Surabaya panas sekali. Dan setiap hari saya mangajar bahasa Jepang untuk mahasiswa.
Agak capek tetapi cukup menarik.


投稿日付: 2004年 10月 16日 11:28
名  前: its communications
e-mail : info@itscom.jp
URL : www.itscom.jp
タイトル: test

test message


投稿日付: 2004年 10月 13日 14:29
名  前: Dede
e-mail : ciungw.yahoo.com
タイトル: kenalan

Saya tertarik sekali dengan situs yang berbau Jepang. Dan saya ingin sekali berkenalan dengan orang jepang utk cari teman.


投稿日付: 2004年 10月 13日 14:11
名  前: kimi (mamik)
e-mail : takki_oke@hotmail.com
タイトル: subarashii

ishizawa sensei,

watashi wa mamik to moushimasu. untag daigakusei desu. ima 5 nensei desu. sensei wa watashi no koto ni tsuite mou shiteiru to omotte imasu.
sate, kono homepage wo miru to, hontouni subarashii katta desu. indonesia go mo umai shi, naiyou mo hontou ni subarashii desu.
de wa, mata zenbu no noyou wo yomimasu.


投稿日付: 2004年 10月 13日 13:13
名  前: muhammad mukhlis
e-mail : www.magles_145@yahoo.com
タイトル: J*Rock

haro kak Ishizawa aku ingin lebih mengenal dunia rock-nya jepang karena selain gaya personilnya yang unik musiknya juga keren. Jadi saya ingin dikirimi kisah perjalanan J*Rock di jepang.Harigato hai !


投稿日付: 2004年 10月 10日 17:44
名  前: pikun
e-mail : pikun_power@yahoo.co.jp
URL : pikun.pitas.com
タイトル: Surabaya Kanji Cup

Ishizawa-san, maaf, waktu berita Ishizawa-san tiba di Surabaya ada di koran, saya langsung kirim surat ke e-mail nifty tanpa melihat pengumuman di halaman depan situs (>.<). Tadi di acara Kanji Cup benar Bapak yang memakai baju batik biru pucat? Waktu istirahat dan acara selesai, saya cari Bapak kemana-mana, sayang tak ketemu. Moga2 kalau ada lagi acara kumpul2 antar universitas dan lembaga kursus seperti tadi, saya bisa bertemu Ishizawa-san (^_^)


投稿日付: 2004年 10月 08日 16:50
名  前: Elitadesva
e-mail : elitadesva@yahoo.com
タイトル: Perempuan dan budaya jepang

halo, saya mahasiswa universitas andalas, saat ini sedang menulis skripsi tentang peranan budaya jepang terhadap keterlibatannya di dunia politik di jepang. melalui buku tamu ini saya mohon kesediaan web master website ini untuk membantu saya apabila memiliki informasi tentang hal tersebut. demikian atas perhatian dan bantuannya diucapkan terima kasih


投稿日付: 2004年 10月 08日 11:17
名  前: endah
e-mail : nd4y00@yahoo.com.au
タイトル: mohon bantuannya untuk mencari bahan skripsi

Sumimasen, saya kuliah di perguruan tinggi swasta dan sebentar lagi hendak menyusun skripsi, mohon bantuannya dimana saya bisa mendapaykan referensi buku atau artikel di internet yang berbahasa indonesia tentang " jenis Narkotika yang beredar di Jepang, serta Gaya Hidup remaja Jepang Jaman Modern ini atau apapun yang mengenai Remaja Jepang, Undang Undang Narkotika Jepang ataupun Gaya Hidup Pemakai Narkotika di jepang " Bahan referensi itu akan saya gunakan akhir tahun ini,Domo Arigatoo Gozaimasu, Sayonara


投稿日付: 2004年 10月 07日 12:25
名  前: Lukman harahap
e-mail : luxman_876@hotmail.com
URL : tidak ada
タイトル: saya ingin sekali pergi ke jepang

Kepada bapak Isizhawa takeshi saya ingin memperkenalkan diri, nama saya Lukman saya seorang karyawan sekaligus seorang mahasiswa jurusan ekonomi manajemen, saya berumur 24 tahun. saya tinggal di kota kecil di kota Nganjuk propinsi jawa timur yang berjarak sekitar 108 km arah barat ibu kota propinsi Surabaya. Saya sangat senang bisa menemukan web site ini. Saya ingin sekali pergi ke jepang dan belajar disana untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan juga berteman dengan orang-orang jepang dan juga klo Tuhan mengizinkan saya ingin sekali menikah dan punya istri wanita Jepang. saya tidak tau kenapa tetapi yang jelas saya sangat tertarik dengan wanita jepang. sekian dulu pak Isizawa Takeshi, sebelum saya akhiri saya ingin mengucapkan terima kasih banyak karena bapak sudah sudi membaca surat saya ini dan bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati bapak Isizawa saya minta maaf yang sebesar-besarnya. sekian terima kasih.


投稿日付: 2004年 10月 06日 22:51
名  前: dewi
e-mail : dewiayjp@yahoo.co.jp
タイトル: kalau mampir ke Jakarta

apakabar Ishizawa san..? saya pernah menulis mail pada anda dan anda juga membalas mail dari saya. Saya baca di website, sekarang anda ada di Indoensia. Kapan ke jakarta? saya ingin bertemu dengan anda. Tolong hubungi saya di Hp saya 0816.185.7772. Saya adalah ketua jurusan Bahasa dan Sastra Jepang STBA LIA Jakarta. Semoga kita bisa ketemu ya...bye


投稿日付: 2004年 10月 05日 17:31
名  前: achie
e-mail : birurukawa@yahoo.com
タイトル: boleh bertanya kan?

sejak saya menyukai manga saya merasa tertarik pada masyarakat jepang dan kehidupannya. kebetulan saya membaca artikel anda yang di dalamnya bertuliskan orang jepang tidak begitu memperdulikan jika negaranya memerangi bangsa lain (jika saya tidak salah) yang ingin saya tanyakan seberapa besar pengaruh perang duniaII pada masyarakat jepang terlebih lagi mengingat dahulu orang jepang menjajah indonesia (maaf) saya mohon anda dapat menjawabnya melalui email saya. terima kasih.


投稿日付: 2004年 10月 05日 11:32
名  前: ria septiarini
e-mail : ria_gakct@yahoo.com
タイトル: perkenalan

saya adalah seorang siswa sman 1jkt saya ingin mengenal jauh jepang dan saya ingin menguasai bahasa jepang dengan lancar melalui anda maha jika anda sudah tiba di indonesia saya mengharapkan anda untuk membalas message saya .dozo yoroshiku .


投稿日付: 2004年 10月 04日 21:00
名  前: Ary
e-mail : ary_aryadi@yahoo.com
タイトル: salam kenal

aku seorang sarjana arsitektur. rencana magang ke Jepang dalam waktu dekaat sekitar bulan 12-2004. tapi belum pintaar berbahasa jepang. aku udah berusaha mencari situs tentang belajar bahasa jepang-indonesia tapi belum dapat. tolong informasinya atau kalau bisa diajaaar lewwat email saya. terima kasih. semoga suatu waktu kita bisa ketemu.


投稿日付: 2004年 10月 02日 16:13
名  前: iyank
e-mail : iyankniez@yahoo.com
タイトル: wondering.......

Mr. ISHIZAWA TAKESHI,saya sangat ingin melanjutkan study di jepang dan bekerja disana,tp teman saya bilang orang jepang itu, tidak terlalu suka dengan orang asing,orang asing yang bersekolah di jepang kebanyakan dikucilkan dari lingkungannya, apakah orang jepang memang seperti itu.Tapi kalau saya membaca HP Mr.saya rasa tidak begitu.mohon penjelasannya.kalau bisa di kirim ke email sayadan apakah sulit untuk melanjutkan study dan bekerja di jepang? bahasa indonesia Mr. sudah sangat bagus, saya mengagumi anda.SALUT


投稿日付: 2004年 10月 02日 11:20
名  前: CHOIRUL ANWAR
e-mail : choirulanwar@yahoo.com
タイトル: Help me Please

Dear Prof. ISHIZAWA Takeshi, sensei.

Hereby I, My name is Choirul Anwar. I am introduce myself to you to help me please about my study Master plan. I am writing apply to you for graduate program (Student Research for Master) in Development Economic Studies. Recently I have visited your homepage and got interested very much your profile on website http://www.02.246.ne.jp/~semar/profile/profile.html.

I studied Public Administration at Brawijaya University in Indonesia, and received my Bachelor degree in October 1995. And then I studied Economics (Accounting field) at Higher School of Economics of Dewantara in Indonesia, and received my Bachelor degree in August 2004. I am interested in a wide range of subjects that are related to Economics and its applications in general. As shown in my transcript, in the last year of my undergraduate degree I took many courses in taxation and tax policy with quite good grade and satisfactory results.

For my research at Brawijaya University, I focus on the Efforts for Increasing the Acceptance Land and Building Tax as One of Regional Income Resources Support. And then for my research at Higher School of Economics of Dewantara, I focus on the Tax Planning Strategic and to have Influence on Tax Burden.

It is loaded with my talent by mathematics and diligence, I have tried and challenge to apply a job opening and I got occupation as Accounting Staff at a private bank in 1995. Since 1996 until 2001, I had been following on a job as Chief of Accounting in the export-import enterprise PT.Karya Mekar Dewatamali in East Java - Indonesia, especially in shoes, bags, garments industry. And then in 2001 to present, I had been getting on a new occupation as Finance and Accounting Manager at same enterprise.

For social and humanities activities, since 2001 to present, by Damarusaha Foundation (Non Government Organization), I have activated to effort empowering grass-roads of Indonesian people for peace and welfares, especially fields in basic social services, education, economic, and community development. Since July 2004 to present, I was functioning at East Java Chamber of Commerce and Industry as Head of Industrial Field.

One of the next challenges is to acquire the knowledge than can improve the quality of life and increase the productivity of business and industry, that I will search more for my Master research activities. I will emphasize on this research plan with a number of issues which in my opinion will motivate future research in this area. The need for unified theories on Complexity issues are inherent which are currently absent from these disciplines. My long term research plan is develop the logical framework toward a practical system that support debugging and prototyping on these applications.

I hope this will give some idea about my research plan that I will work it out under your research guidance and supervision.

I have include my curriculum vitae (CV), together with my academic transcripts and would be happy to send you additional materials such as letters of reference/recommendation, and copy of my research reports/thesis summary. I can be reached at my home phone number (62-0321) 864285 or email addres choirulanwar@yahoo.com.

I thank you for your consideration and look forward to hearing from you.

Sincerely,


Choirul Anwar
Griya Jombang Indah AA-2 Jombang 61415,
East Java ? Indonesia


投稿日付: 2004年 10月 01日 21:13
名  前: MICHELANGELO
e-mail : andre_binyo@yahoo.com
タイトル: terjemahan

kalo saya minta tolong menterjamahkan dokument bisa atau tidak.
terimakasih


投稿日付: 2004年 09月 29日 23:11
名  前: noviati
e-mail : noviati_stieb@yahoo.com
タイトル: sambungan......

nyambung lagi,hehehee maaf, saya tidak tahu apakah situs ini masih aktif atau tidak , cuma saya melihat tahnun 2004 buku tamunya tidak ada. apa memang belum di edit. saya berharap dengan perkenalan ini bisa berbagi cerita tentang kebudayaan masing-masing. karena di indonesia berbagai macam etnik dan suku-suku yang unik. saya harap saya bisa menjadi sahabat anda di indonesia, karena saya senang dengan korespondensi. sukses selalu buat anda,ganbatte ne!


投稿日付: 2004年 09月 29日 23:04
名  前: noviati
e-mail : noviati_stieb@yahoo.com
タイトル: saya terkesima dengan anda

ketika saya mencoba cari tentang sesuatu berbau jepang, saya mencoba melihat di google, dan ternyata saya melihat situs saudara takeshi, saya kagum dengan anda, bahasa indonesia anda cukup baik layaknya orang indonesia umumnya. begitu sempurna, saya tidak menyangka kalau anda itu asli japanese. saya berpikir saudara takeshi tinggal di indonesia, tetapi setelah saya baca biodata anda, ternyata saudara memang bertempat tinggal di japan. tak kenal maka tak sayang itu pepatah bahasa mengatakan, nama saya novie,umur saya 25 tahun, saya kerja di jakarta salah satu perusahaan japan di indonesia. Perusahaan kimia Dainippon ink & chemicals inc Group. Sebenarnya saya kebalikan dari saudara saya sangat ingin bisa berbahasa jepang. saya bercita-cita mencari beasiswa s2 di jepang. sampai detik ini saya masih mencari infonya. sampai akhirnya saya menemukan situs saudara. saya berharap saya bisa menjadi teman anda dan bertukar pikiran tentang jepang khususnya. terimakasih sebelumnya, maaf kalau isi message saya jika kurang berkenan.


投稿日付: 2004年 09月 29日 00:13
名  前: Edy
e-mail : edy_jpn@hotmail.com
URL : www.ilmuhukum.com
タイトル: Hajimemasite

Oiya sebelum nya kenalkan dulu .......saya tinggal di Tachikawa shi Japan....mosi jikan attara..aimasiyo...


投稿日付: 2004年 09月 27日 16:37
名  前: Andresen Maythius
e-mail : andresenmaythius@yahoo.com
タイトル: Saya ingin kenal anda lebih jauh

Perkenalkan, nama saya Andresen Maythius, biasa dipanggil Andresen.
Umur saya sekarang 24 tahun, sementara ini saya bekerja sebagai
Technical Support di sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang
Information Technology ( IT ).

Sejak dulu saya sudah sangat menyukai Jepang, entah itu budayanya atau
teknologinya, saya mempelajari sendiri bahasa Jepang dan Desember 2003 lalu saya mencoba mengikuti Nihongo Noryokushiken level 3 tapi
sayangnya saya tidak lulus.

Saya sangat berharap bisa bekerja di Jepang, tetapi banyak orang
mengatakan bahwa bekerja di Jepang itu sulit apalagi untuk orang asing
seperti saya.
Hal ini membuat saya sedih karena saya seperti tidak mendapat dukungan,
maka dari itu saya ingin mendengar pendapat dari anda apakah hal itu
benar atau tidak dilihat dari sisi penduduk pribumi Jepang.

Terima kasih.


投稿日付: 2004年 09月 24日 12:55
名  前: Aswandi
e-mail : aswandi2004@yahoo.co.jp
タイトル: salam kenal

Hallo, nama saya Aswandi dan saya tinggal di Pref Shizuoka kota Fujieda. 2 tahun yang lalu saya menikah dengan wanita jepang dan sekarang kami dikurniai seorang anak laki laki namanya Yuki agung. Kebetulan saya melihat homepage anda ketika saya sedang mencari informasi masyarakat islam di Jepang. Membaca tulisan anda dalam bahasa Indonesia sangat menarik,saya harap bisa mengenal anda lebih banyak lagi. salam kenal dari saya Aswandi, semoga sukses.


投稿日付: 2004年 09月 23日 22:02
名  前: rini
e-mail : rinimulatsih@yahoo.com
タイトル: jepang antusias

orang jepang sangat antusias dalam menuntut ilmu dan bekerja,salah satunya termasuk yang menulis esai/homepage ini.saya ingin belajar banyak dari anda


投稿日付: 2004年 09月 21日 20:47
名  前: 博子より
e-mail :
タイトル:

すんません。2通目の手紙が消去されてしまいました.もう一度送ってください.


投稿日付: 2004年 09月 21日 16:43
名  前: tita
e-mail : kevinkeren_21@yahoo.com
タイトル: konnichiwa

hajimemashite.watashi wa tita desu...watashiwa nihon go daigakusei desu.mou ni nen kan gurai nihon go wo benkyou shite imasuga,mada jyouzu ni narimasen.jitsu wa nihon ga hanashitain desuga,chansu ga naka-naka arimasen.zehi,e-mail wo shite kudasai onegaishimasu.


投稿日付: 2004年 09月 20日 11:16
名  前: Manrief
e-mail : m60972@yahoo.com
URL : http://ariefhome.port5.com
タイトル: Salam kenal

Dari Jogja


投稿日付: 2004年 09月 19日 10:20
名  前: 博子より
e-mail :
タイトル:

どこへ連絡していいのか分からなかったので、書き込みします.腕のぐりぐりは、ガングリオンという良性の腫瘍でした。
注射器で内容物を抜いて、初期治療は終わり。でもなかなか治りにくい、厄介なものもみたいです.とりあえず、ほっとした.
荷物の件は大変でしたね。でも、まっ、無事に着いたからよかったです.気をつけてください.
ビートたけしの座頭一をビデオで見ました.すごい面白かった.


投稿日付: 2004年 09月 18日 12:29
名  前: hery
e-mail : harys2001@yahoo.com
タイトル: Salut

7 tahun lalu saya pernah hidup di jepang selama 3 thn, 3 tahun lamanya saya tinggal di jepang seperti 3 bulan saja rasanya...masih banyak sesuatu tentang negeri jepang yg ingin sekali saya liat dan fahami...maklum saja selama 3 thn di sana tak banyak waktu untuk kemana2 selain bekerja ( magang ), saya sangat ingin sekali pergi lagi ke negara kedua buat diri saya itu untuk benar2 mengerti tentang kehidupan sebenarnya di sana...tapi sepertinya itu tidak mungkin, selain kondisi ekonomi dan aturan2 yang ditetapkan negara jepang yang begitu ketat nya hingga membuat semua itu berasa mimpi buat saya...saya iri kepada anda karena bisa bebas mempelajari..menjelajah negeri indonesia ini hingga anda benar2 faham apa dan bagaimana kehidupan masyarakat indonesia...sekaligus saya SALUT atas kegigihan anda yg secara tidak langsung memperjuangkan orang indonesia seperti pada artikel anda yg membahas tentang penipuan penari2 indonesia di jepang sana...Saya ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya atas segala yang anda lakukan buat negara kami ini...semoga ada balasan yang lebih baik yg anda terima di kehidupan anda. doumo arigatou gozaimasu Ishizawa Takeshi SAMA...


投稿日付: 2004年 09月 16日 13:11
名  前: imelda emerlin
e-mail : merlinthewitch@yahoo.com
タイトル: mau tahu tentang jepang

Saya mahasiswa tingkat akhir di universitas padjadjaran bandung indonesia. Saya tertarik dengan kebudayaan jepang dan ingin tahu lebih banyak dan ingain berkomunikasi langsung dengan orang jepang asli.kalau bapak tidak berkeberatan saya ingin dikirimi foto-foto tentang jepang terutama yang berhubungan dengan kebudayaannya serta bunga sakura.terima kasih sebelumnya


投稿日付: 2004年 09月 16日 12:07
名  前: Ambar Basuki
e-mail : mrcuil@yahoo.com
タイトル: Salam Kenal

Saya salut dengan anda... Sugoi.


投稿日付: 2004年 09月 16日 08:07
名  前: nanami
e-mail : na_chan@yahoo.com
タイトル: matur nuwun sanget nggih ..

salam kenal ..
saya baru kali ini masuk ke web ini, sebenarnya sih saya sedang mencari tulisan tentang agama-agama yang ada di dunia, dan saya sangat senang sekali ketika saya masuk web ini, karena saya sangat senang dengan segala hal yang berbau Jepang he he he. Awalnya sih karena hobi baca komik, lama-lama suka dengan semuanya, apalagi pemandangan di Jepang sangat indah dan bersih, makasih ya atas web ini


投稿日付: 2004年 09月 14日 15:21
名  前: CHOIRUL ANWAR
e-mail : choirulanwar@yahoo.com
タイトル: Butuh Informasi Beasiswa dan Professor Pembimbing Research

Dengan hormat, Mohon maaf, saya memperkenalkan diri saya pada Mr. ISHIZAWA Takeshi. Saya adalah warga Indonesia, lulusan Sarjana Administrasi Negara tahun 1995 Brawijaya University, dan lulusan Sarjana Ekonomi (Akuntansi) tahun 2004. Sejak 1995, Saya telah bekerja di bagian Accounting selama 5 tahun, dan sejak tahun 2000 sebagai Finance Manager di Industri Sepatu. Saya bermaksud melanjutkan studi Master Ekonomi, khususnya Tax Management/Business Policy di Jepang. Saya membutuhkan beasiswa dan professor pembimbing untuk research saya di Jepang. Saya mohon bantuan Mr.ISHIZAWA Takeshi untuk membantu/membimbing saya. Demikian, atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. Hormat saya, Choirul Anwar.


投稿日付: 2004年 09月 11日 16:09
名  前: yohana melati
e-mail : djo_wilson@yahoo.com
タイトル: saya ingin tau banyak tentang jepang

saya sangat senang dengan kebudayaan jepang, saya ingin sekali bisa mengetahui lebih bnayak tentang kehidupan jepang,saya juga b'harap bisa mendapatkan pengetauan gratis tentang negara jepang malelui program ini! terima kasih


投稿日付: 2004年 09月 08日 19:27
名  前: Nandar
e-mail : nandarjoss@telkom.net
タイトル: Kerja sambil belajar

dear tolong di informasikan ada ngak peluang utuk kejepang kerja sambil belajar, sebab di indonesia masih banyak yang malas-mals ngak mau kerja, kalao kerja pun gajinya ngak sesuai, jadi tolong informasikan ada ngak lowongan kerja di jepang terima kasih,,, Domoarigatoghozaimastha, Onegai itashimas


投稿日付: 2004年 09月 03日 17:54
名  前: sari nurlita
e-mail : shibiwol14@yahoo.com
タイトル: ingin tahu lebih banyak tentang jepang

saya mulai tertarik dengan negara jepang sejak kelas 5 sd. saya banyak tahu tentang jepang dari sebuah majalah anak iandonesia. lalu pada pertengahan bulan november 1999 secara tak sengaja saya putar radio dan menemukan radio nhk seksi bahasa indonesia. wah...rasanya senang sekali. dari radio itu saya jadi banyak tahu lagi tentang kehidupan masyarakat jepang.


投稿日付: 2004年 09月 03日 17:12
名  前: lyla
e-mail : lyla@redi.or.id/ lyla_rachmaningtyas@yahoo.com
タイトル: Mohon Maaf

Mohon maaf sebelumnya, sekali lagi saya menulis kembali. Saya sangat berharap dapat berkomunikasi dengan Anda. Terima Kasih


投稿日付: 2004年 09月 03日 16:21
名  前: lyla
e-mail : lyla@redi.or.id /lyla_rachmaningtyas@yahoo.com
タイトル: Dozo Yoroshiku onegai shimasu

Saya Lyla,
Dozo Yoroshiku Onegai Shimasu
mahasiswi pasca sarjana UGM 2004/2005 program studi Ilmu Ekonomi. Saya telah belajar bahasa Jepang di ASBBJ (Asosiasi studi dan Budaya Bahas jepang) atau sekarang bernama JASMIN (Japanese Studies on Multicultural Society in Indonesia) di Surabaya. Ini Email Jasmin : asjasmin@indosat.net.id.b
Saya sangat tertarik dengan tulisan dan informasi anda.
Terima kasih.


投稿日付: 2004年 09月 03日 09:35
名  前: katsujiro ueno
e-mail : ueno821@peach.ocn.ne.jp
タイトル: ABA YIPK

mohon masukan, saya tahu ABA adalah Akademi Bahasa Asing, tapi ingin tahu apa YIPK itu ?


投稿日付: 2004年 09月 03日 02:11
名  前: arifianto barkah
e-mail : nigguzt@auwoo.com
タイトル: menanyakan situs mengenai gambaran negara jepang

konbanwa, hajimemashite watashiwa arif desu, dozo yoroshiku oengaisimashita. saya seorang mahasiswa dari Universitas Trisakti jakarta sangat menyukai kebudayaan jepang dan masyarakat dan gaya hidupnya..saya ingin mengetahui dimana dapat menemukan situs yang lengkap menyeluruh gambaran mengenai negara jepang terutama yang berbahasa inggris maupun indonesia. Arigato Gozaimasu..


投稿日付: 2004年 09月 03日 01:17
名  前: aileen
e-mail : mizuki_ai88@hotmail.com
URL : http://mizuai.deviantart.com
タイトル: kesan saya

saya sangat menyukai gaya penulisan anda , saya adalah siswa kelas 1 sma , saya termasuk penggemar anime-manga, ketika saya membaca tulisan anda mengenai kedalaman dunia manga saya sangat merasa tertambahkan ilmunya, bahkan saya menggunakan tulisan tersebut sebagai salah satu source saya ketika saya membuat karya tulis untuk tugas akhir ketika saya masih bersekolah si smp3, saya mengucapkan banyak terima kasih, saya harap anda terus membuat banyak karya baru. Saya pikir bahasa indonesia anda cukup baik untuk bisa dimengerti, namun kadang masih banyak kata2 aneh yang anda gunakan, tapi masih bisa dimengerti. saya pikir sudah cukup, ganbatte ne ^o^/


投稿日付: 2004年 09月 02日 20:03
名  前: dian
e-mail : meitazgurl@hotmail.com
URL : humans-are-fragile.blogspot.com
タイトル: Saya kagum

saya benar2 kagum kepada anda, sebagai generasi muda indonesia saya merasa malu bahwa ternyata anda lebih mengenal bangsa saya dibanding saya sendiri, maklum zaman kayaknya udah berubah yah?! salut dengan anda!


投稿日付: 2004年 09月 02日 03:34
名  前: Sula P. Vania
e-mail : SCLINT_WESTLIFEIRELAND@yahoo.com
タイトル: Himura Kenshin

Dear Mr.Ishizawa Takeshi,

Saya ingin tahu tentang Restorasi Meiji. Bukannya ada manga yang berjudul "Samurai X" ? Apakah cerita itu benar ? Tentang Himura Kenshin dan julukannya "Battosai" yang artinya "Sang Pembantai" untuk membantu berdirinya Restorasi Meiji ? Arigato gozaimas ( mohon dibetulkan bila salah ) Bila Anda tidak keberatan, tolong beri penjelasan di alamat e-mail saya.


投稿日付: 2004年 09月 01日 13:37
名  前: Nuryono Herry Wibowo
e-mail : nury@tf.itb.ac.id
URL : -
タイトル: informasi bagus

selamat siang, saya sangat senang sekali membaca essai-essai yang Anda buat. Walaupun sederhana, namun informasi yang Anda berikan dalam website ini sangat berguna. Khususnya bagi saya yg sangat menyukai kultur masyarakat jepang, serta sejarah mereka.Kalo Anda berkenan, bolehkan kirimkan saya mengenai jepang di era modernisasi serta sejarah jepang pada zaman tokugawa. terima kasih


投稿日付: 2004年 08月 30日 21:15
名  前: Iin
e-mail : iin_sakura@yahoo.com
タイトル: Ishizawa San, terima kasih

Senang sekali rasanya karena adanya penulisan hp tentang Jepang. Hal ini sangat membantu saya belajar dan mengetahui tentang Jepang di luar yang saya pelajari di kampus. Pokoknya Arigatou dech buat Ishizawa San. Saya harap Anda terus menulis. Ok!


投稿日付: 2004年 08月 28日 21:54
名  前: R Hikari
e-mail : Reshi_Hikari@yahoo.com
タイトル: Untuk bpk.Takeshi

Terima kasih atas artikelnya yang sangat membantu saya terus terang saya ingin masuk ke dunia manga, game dan anime tetapi skill saya masih rendah, banyak kegiatan anti-manga begitulah (padahal itu sebenarnya awalnya salah marketing), kurang informasi dan belum lagi dengan kurang dewasanya diri saya.


投稿日付: 2004年 08月 27日 22:46
名  前: Erika
e-mail : erika_tobigo@yahoo.com
タイトル: Ingin tahu lebih banyak tentang Jepang

Dear Mr. Takeshi...
Saya sangat senang membaca tulisan Anda. Anda orang Jepang yang benar-benar mengenal Indonesia, bahkan mungkin lebih dari orang Indonesia sendiri. Saya pun sangat menyukai Jepang. Saya ingin sekali ke sana, suatu saat. Saya ingin mengetahui lebih banyak Jepang, terutama tentang objek wisata yang terkenal di sana. Bisakah Anda mengirimkan email tentang itu? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Salam untuk istri Anda. God Bless You!


投稿日付: 2004年 08月 19日 10:44
名  前: soeda wulandari
e-mail : moonlight.sk@r6.dion.ne.jp
タイトル:

apa kabar pak. apakah anda baik baik saja
terimakasih ya, atas informasi tentang penari indonesia yang kebanyakan ditipu,saya pasti akan menyebarkanya keteman teman saya diindonesia,informasi ini sangat berguna.


投稿日付: 2004年 08月 18日 17:56
名  前: Hanny
e-mail : f1_faza@yahoo.com
タイトル: Ingin sekali tau soal Jepang

Hi, salam kenal ya mr. takeshi.
Saya tertarik sekali dengan jepang.kebudayaannya, bahasanya, semuanya. saya ingin sekali ke jepang.tapi tentunya sebelum itu terwujud, saya harus belajar bahasanya dan tulisannya.senang sekali apabila anda mau membantu saya,karena sekarang saya sedang belajar sedikit-sedikit bahasa jepang walaupun melalui buku. saya akan sangat senang apabila anda mau menjadi teman saya. salam untuk istri anda, saya juga suka menari bali,tapi sekarang tidak lagi, karena waktunya tidak ada. terima kasih.


投稿日付: 2004年 08月 17日 13:53
名  前: Hepy
e-mail : dream_catcher36@lycos.com
タイトル: Kebudayaan Jepang

Saya sangat tertarik dengan kebudayaan Jepang. Maukah anda mengirim e-mail pada saya dan menceritakan mengenai hal tersebut? Terimakasih


投稿日付: 2004年 08月 12日 14:30
名  前: Aj
e-mail : stitchlone@yahoo.com
URL : www.geocities.com/stitchweaver
タイトル: Nice Work

Essai Anda benar2 bagus, walau bahasa Indonesianya masih terdengar sedikit aneh. Coba tampilan website Anda dibuat lebih menarik, tentu saya akan lebih senang berlama2 membaca essai Anda. Terimakasih dan mohon maaf apabila ada kata2 yg kurang berkenan di hati.


投稿日付: 2004年 08月 10日 16:28
名  前: ISKANDAR JAYADI
e-mail : NANDAR_AIWAH@YAHOO.COM
タイトル: SAYA BANGGA ANDA INGGIN MEMPELAJARI BUDAYA INDONESIA

SALAM KENAL, SAYA INGGIN TANYA TENTANG DONATUR MUSLIM DI JEPANG SAYA INGGIN KE SANA, KALAU TOLONG KIRIM KE EMAIL SAYA,ATAU HOMEPANG YANG MENGENAI DONATUR MUSLIM TALONG DI BALAS. SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH. SIAPA TAHU NANTI SAYA KE TEMU DENGAN ANDA TUAN.


投稿日付: 2004年 08月 10日 14:36
名  前: Setsuna
e-mail : setsuna_lover@yahoo.com
タイトル: still love japan

gw n tmn2 berencana mo kesana setelah kuliah selesai doain kami bertiga ya... tp cuman jalan2 ga menetap...
setsuna.... N-chan.... yakata....


投稿日付: 2004年 08月 07日 16:37
名  前: putra
e-mail : create1st
タイトル: tertarik

salam kenal,Mr. Takeshi
saya sebagai orang jawa tentunya bangga karen ada yang mau mempelajari mengenainya.
Saya memiliki berapa pertanyaan kepada anda,yaitu: mengapa Anda begitu tertarik untuk mempelajarinya? dan kalau boleh saya tahu ,bagaimanakah sebenarnya aliran kepercayaan di jawa?
sekian
terimakasih


投稿日付: 2004年 07月 31日 18:59
名  前: uchie
e-mail : lucy_tf@yahoo.com
タイトル: mau tanya tentang jepang...

saya sedang membuat tugas web tentang jepang hanya saja kurang begitu mengetahui jepang dengan baik, saya sangat tertarik dengan semua hal tentang jepang. Sumber yang diperoleh kebanyakan berbahasa inggris dan jepang sehingga cukup sulit untuk dipahami. maukah anda membantu untuk memberikan informasi jepang?


投稿日付: 2004年 07月 30日 21:53
名  前: hari sakti
e-mail : saktijp77@yahoo.com
タイトル: mencari pekerjaan di jepang

saya warga negara indonesia, pernah ikut pemagangan di jepang selama 3 tahun. saya ingin kembali ke jepang untuk bekerja. yang saya tanyakan apakah perusahaan membuka lowongan kerja bagi WNI yang pernah magang di jepang?? saya butuh informasi dari anda. terimakasih


投稿日付: 2004年 07月 22日 13:02
名  前: sekarlintang
e-mail : cianzoer_april@plasa.com
タイトル: cari bahan skripsi

Salam kenal. Saya sangat membutuhkan artikel atau sumber bahan lain, sebagai sumber data skripsi saya. Skripsi saya tentang kalimat verbal bahasa Jepang dan bahasa Indonesia, karena saya kuliah di jurusan bahasa Jepang. apakah ada yang bisa membantu?


投稿日付: 2004年 07月 21日 16:46
名  前: Linda
e-mail : Sartika@aol.com
タイトル: Cari Teman

Saya iseng mencari homepage tentang Indonesia-Jepang, kebetulan ketemu dengan Homepage anda. Wah....bahasa Indonesia anda bagus sekali ya. Saya sudah 12 thn tinggal di Jepang. Pengen cari temen orang Indonesia yang tinggal di Jepang. Salam buat keluarga anda ya.


投稿日付: 2004年 07月 21日 11:25
名  前: Yoes
e-mail : ieyoesu@yahoo.com
URL : http://www.geocities.com/yoesavi
タイトル: Tertarik artikel bahasa jawa+jepang

Terima kasih....Saya mendapatkankan artikel anda tentang hubungan bahasa jawa dan jepang. Saya pernah tinggal di jepang selama satu tahun dan saya juga berpikir demikian bahwa ada hubungan antara bahasa jepang dengan bahasa jawa dan bahasa indonesia. Terima kasih anda telah mengupasnya...Apakah ada artikel lainnya yg bagus ttg topik ini?????


投稿日付: 2004年 07月 16日 09:53
名  前: soeda wulandari
e-mail : moonlight.sk@r6.dion.ne.jp
タイトル: alamat kursus bahasa jepang di kota toyota aichiken

salam perkenalan,panggil saja saya wulan saya asal semarang indonesia, saya seorang anggota pmij memberitahukan alamat email anda setelah ia mengetahui kesulitan saya, semoga anda dapat membantu saya , saya baru menikah kurang dari setahun yang lalu, karena kontrak suami saya yang bekerja diindonesia habis, maka saya harus meninggalkan pekerjaan saya di jakarta shimbun dan ikut bersaa suami saya, mengenai bahasa adalah kendala utama saya dalam berkomunikasi dengan orang tua suami selain itu saya harus banyak berinteraksi dengan orang jepang, apalagi saya akan mempunyai anak pada bulan januari, yang saya ingin saya tanyakan dimana ada tempat kursus bahasa jepang untuk orang asing, kami tinggal di fujioka-co, jadi alangkah baiknya bila tempat kursus tersebut dekat kota toyota atau nagoya, apakah ada kursus bahasa jepang yang bersifat voluntary? terimakasih


投稿日付: 2004年 07月 15日 02:34
名  前: anna
e-mail : ymg_annet@yahoo.co.jp
URL : tidak ada
タイトル: konsultasi

saya mencari teman yang sudah lama tinggal di jp (menikah dg org jepang),saya ingin konsultasi (ngobrol) ttg kehidupan dan berbagai macam problem yg di hadapi di jepang, saya tunggu


投稿日付: 2004年 07月 14日 14:17
名  前: fenty dewanto
e-mail : are_more01@yahoo.com
タイトル: Butuh informasi

Salam kenal Takeshi san...
Hajimemashite Fenty Yhofita Dewanto desu, alamat di jl. Rungkut Asri 33 Surabaya - Jawa Timur, doozo yoroshiku.
Secara tidak sengaja, ketika saya mencari yayasan/lembaga tentang orang jepang, saya menemukan homepage anda, saya terkesan sekali.
Saat ini saya sedang mencari kakek saya yang ada di jepang, kakek yang orang jepang menikah dengan nenek yang asli jawa pada tahun 1944 di surabaya. Nama fam kakek saya Namba, saya tidak tahu nama lengkapnya. Pada waktu itu beliau dinas di stasiun pasar turi sebagai mechanical engineering depo lokomotif. Pada tahun 1945 beliau pulang ke jepang karena tragedi hiroshima nagashaki. Informasi dari nenek saya beliau berdomisili di Tokyo. Terus terang saya mengalami kesulitan dalam melacak keberadaan beliau. Saya telah menghubungi konsulat jendral jepang yang ada di surabaya, tapi pihak konjen tidak bisa membantu karena saya hanya mempunyai bukti foto dan data-data yang terbatas. Saya sangat berharap bisa menemukan titik terang dalam melacak keberadaan beliau. Saya membutuhkan informasi dari anda sekiranya anda mengetahui lembaga/yayasan apa yang bisa membantu saya dalam melacak keberadaan kakek saya di jepang. Baik, saya tunggu informasi dan konfirmasi dari Bapak. Doomo arigato gozaimasu...


投稿日付: 2004年 07月 13日 18:02
名  前: ina kusuma
e-mail : arequeena@yahoo.com
タイトル: siapa donatur muslim di Jepang?

saya ingin mengetahui siapa dan dimana alamat para donatur muslim di Jepang. Tolong balasannya dikirim ke email saya. Terima kasih.


投稿日付: 2004年 07月 11日 14:52
名  前: anwar
e-mail : anwaru27@jobs.co.jp
タイトル: informasi lowongan kerja di jepang

bagi anda yang berminat kerja di jepang,atau alumni kensusei(alumni imm,dll) yang ingin kembali kerja di jp, di buka pendaftaran,+test,informasi selanjutnya hubungi yamamoto kiyoko atau saudara anwar via email di: infoshigoto@jobs.co.jp atau ke: anwaru27@jobs.co.jp


投稿日付: 2004年 07月 07日 22:25
名  前: Setyo Nugroho
e-mail : setyonugroho@telkom.net
タイトル: saya selalu terkesan dengan artikel2 anda

pertama tahu web anda, saya iseng2 mencari tentang bahasa Jepang, lalu saya baca artikel tentang Bahasa Jepang dan Indonesia milik anda yang sangat menarik untuk ditelusuri. saya menunggu artikel2 anda yang terbaru, semoga tambah sukses dan tidak henti untuk membuat artikel2 terbaik. Sugoi!!


投稿日付: 2004年 07月 06日 12:59
名  前: Suadi
e-mail : suadi@faperta.ugm.ac.id
タイトル: belajar kanji

saya senang belajar bahasa. Saya pernah membaca sedikt asal usul terbentuknya (dari Len Walsh ) dan saya sangat senang mempelajarinya. Saya ingin memperoleh informasi bagaimana mendapat buku atau informasi seperti itu


投稿日付: 2004年 07月 02日 19:30
名  前: Fery Priambodo
e-mail : fbp86029@plasa.com
タイトル: Rubber Technology

Salam Kenal Takeshi San
saya hampir 10 tahun bekerja dibidang karet, saya senang belajar dalam bidang ini, saya pernah bekerja di perusahaan karet dan di bantu oleh orang jepang. Banyak hal yang saya pelajari dari orang jepang. Tentang kedisiplinan, cara berfikir, budaya, kebiasaan, dokumentasi.
Bagi saya orang Indonesia pada dasarnya bisa dengan cepat mengerti. Bila saja orang Jepang di Indonesia mau dengan sabar mendidik dan terbuka, tanpa tekanan dari pihak ketiga.
Apa yang dapat saya bantu untuk anda Takeshi san?


投稿日付: 2004年 07月 02日 19:27
名  前: norman
e-mail : normannuno@yahoo.com
タイトル: terima kasih

terima kasih atas usaha anda membuat website yang sederhana, ringan, tetapi sngat informatif. semoga Tuhan selalu memberi kekuatan pada anda untuk terus bekerja.dari orang indonesia yang mencintai jepang


投稿日付: 2004年 07月 01日 23:34
名  前: rosifa.ag
e-mail : comaopas@yahoo.com
タイトル: tata cara berbahasa jepang

sy mahasiswa akademi bahasa asing jogjakarta .bagaimana supaya bisa berbahasa jepang dengan lancar.kata orang-orang minimal harus tinggal dijepang selama sebulan,apakah betul?


投稿日付: 2004年 06月 30日 18:58
名  前: jamil harahap
e-mail : ngapain_di_dor
タイトル: halo

saya sangat senang bisa mengisi buku tamu ini . kalo ada berita mengenai loeongan pekerjaan harap diberitahukan kepada saya . terima kasih


投稿日付: 2004年 06月 29日 18:43
名  前: Newman
e-mail : new_sych@yahoo.com
タイトル: salam kenal

haloo, salam kenal Mr.Takeshi. saya sangat senang bisa menemukan homepage anda, karena saya sangat ingin punya teman orang jepang dan ingin tahu banyak tentang kehidupan(budaya) sehari-hari di jepang. kalau bisa anda bisa mengenalkan saya (email saya) dgn teman teman anda.


投稿日付: 2004年 06月 15日 15:22
名  前: Trihadiah
e-mail : tri_hadiah@yahoo.com
タイトル: Wah, senang sekali . . .

Homepage ini saya temukan karena memang sedang mencari teman orang Jepang yang bisa berbahasa Indonesia. Puji Tuhan, karena saya bisa menemukan alamat yang luar biasa ini. Besar sekali harapan saya untuk memperoleh teman yang memang sedang saya cari-cari, kebetulan saya juga orang Yogya (Rotowijayan) yang bekerja di Departemen Kesehatan Jakarta. Kalau application-form saya diterima oleh JICA, maka bulan September nanti saya akan belajar manajemen on decentralization selama 2 minggu. Jadi biar dapat informasi banyak saya akan kirim email lagi secepatnya.Salam kenal untuk anda sekeluarga.


投稿日付: 2004年 06月 12日 04:15
名  前: Slamet budi u
e-mail : Budiu_012001@yahoo.com
タイトル: salam kenal

home pagena fantastik terus berinovasi karna aku selalu mensupport . adapun inforamsi ang diberikan sangat membantu saya dalam mereferensi sebuah wawasan dan juga menambah sudut pandang tentang arti seuah sejarah dan informasi . terima kasih . thank ver much.


投稿日付: 2004年 06月 10日 11:45
名  前: eka
e-mail : ichiekaichi@ezweb.ne.jp
タイトル: sugoi.......

hebat bahasa indonesia anda sudah seperti penulis indonesia.........melihat kemampuan anda saya jadi malu........sepertinya saya kurang ganbatte belajar bhs jepang.......ja nihon ni uchi ni ganbaritai to omoimasu


投稿日付: 2004年 05月 29日 13:06
名  前: yayah
e-mail : yayah83@plasa.com
タイトル: hajimemashite

Nice homepage


投稿日付: 2004年 05月 29日 13:01
名  前: yayah_sweet
e-mail : yayah83@plasa.com
タイトル: Hajimemashite

watashi wa yayah desu.watashi wa sebelas maret daigaku desu. dozo yuroshiku onegaishimasu.Nice home page! kalau boleh yayah minta informasi tentang universitas negeri yang ada dijepang.Arrigato gozaimasu!(shitsureishimasu, yayah lagi belajar bahasa jepang jadi kalau salah ngomong harap maklum!)


投稿日付: 2004年 05月 23日 10:12
名  前: yulia
e-mail : pipit_juli@yahoo.com
タイトル: tentang SDP

saya mahasiswi mau nyusun skripsi tentang SDP jepang yang dikrm keIrak. Oleh karenanya saya mohon dikirimi artikel tentang SDP


投稿日付: 2004年 05月 19日 22:55
名  前: Agung Purnomo
e-mail : hp_gw4000@yahoo.com
タイトル: Minta translit bahasa jepang

AKU mintatarnslit bahasa jepang ke baha sa indonesia yang masih dasar.misal nama:alamat:


投稿日付: 2004年 05月 19日 17:13
名  前: arida
e-mail : aridaistiarti@yahoo.co.jp
タイトル: banyak membantu

konnichiwa, isinya banyak bermanfaat terutama bagi saya yg sedang belajar tentang jepang. terima kasih.


投稿日付: 2004年 05月 19日 15:31
名  前: Rizky Nurbaini (Rien)
e-mail : rien_pinklady@sailormoon.com
タイトル: Saya ingin tahun lebih banyak tentang Jepang !!!

Tolong beri saya informasi tentang Jepang. Kebudayaannya, kepercayaannya, kebiasaannya, dan banyak hal deh. kalo bisa saya ingin punya teman dari jepang yang bisa berkomunikasi dalam bahasa indonesia termasuk anda !! Terima kasih atas perhatiannya pada komunitas jepang yang berada di Indonesia. Arigato !!!


投稿日付: 2004年 05月 18日 11:51
名  前: mega suryanita
e-mail : seiya0420@yahoo.com
タイトル: mendapatkan visa keluarga

hajemamsite..anatano HP wa sugokuiidesune watasiwa sukidesu. Ishizawa san,, saya mau minta tolong/bertanya sama anda,, saya mau menolong tetangga saya yg ingin sekali kejepang selama satu tahun,, dan mau dipanggil dengan visa keluarga,, bagaimana saya bisa mendapatkannnya dan cara pengrusannya,,saya minta keterangan yg sangat jelas sekali dan sebelummya terimakasih banyak,, anatano saitto wa suzuketekudasaine,,ganbattekudasaii,yorosikuonegaisimasu,,


投稿日付: 2004年 05月 17日 12:55
名  前: Adie
e-mail : monster_ckp@yahoo.com
タイトル: Masyarakat samin

Saya mahasiswa S2 UGM Studi Agama dan Budaya, saat ini sedang menulis tesis tentang budaya dan hidup keagamaan masyarakat samin. Saya tertarik dengan situs anda dan saya melihat anda sekilas menyinggung tentang masyarakat samin, mungkin kita bisa sedikit bertukar data disini. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.


投稿日付: 2004年 05月 10日 01:51
名  前: suparman
e-mail : supe_januari@plasa.com
タイトル: esai jepang

saya mau tanya tentang esay-esay jepang yang berbahas indonesia dan bahasa inggris


投稿日付: 2004年 05月 07日 14:15
名  前: banban
e-mail : masakme@yhoo.co.jp
タイトル: terimah kasih mau memberikan pesan pesan

kususnya bagi parah wanita indonesia agar dapat lebi berhati hati dan memjaga diri untuk undangan undangan sebagai penari berkat hp ikesawa san dan homepage nya cukup terperinci dan jelas kata kata nya salam kenal banban saitamaken tokorosawa ,


投稿日付: 2004年 05月 06日 14:14
名  前: ONAL MAMOTO
e-mail : dmam_oto@yahoo.com
タイトル: jepang

jepang its the best


投稿日付: 2004年 05月 06日 13:51
名  前: DONALD MAMOTO
e-mail : dmam_oto@yahoo.com
タイトル: huruf jepang

hp yang bagus dan sangat membantu saya untuk lebih mengenal jepang, (dimana bisa saya dapat software huruf jepang)


投稿日付: 2004年 05月 06日 13:48
名  前: DONALD MAMOTO / ONAI
e-mail : dmam_oto@yahoo.com
タイトル: CARI TEMAN ORANG JEPANG

SAYANG SENANG SEKALI DENGAN ADANYA HP INI MOGA AJA YANG SAYA IMPIKAN SEJAK SAYA MASIH DI SEKOLAH DASAR INGN PUNYA TEMAN ORANG JEPANG BISA TERCAPAI DENGAN BANTUAN HP INI, KARENA MENURUT KAKEK SAYA BAHWA KAMI MEMANG ASLINYA DARI JEPANG DAN KAKEK PERNAH MENGATAKAN BAHWA ORANG TUA KAKEK SAYA MASIH ADA DI JEPANG SEHINGGA KAMI DIAJARKAN UNTUK MEMPELAJARI BAHASA DAN KEBUDAYAAN JEPANG WALAUPUN KAMI BELOM PERNAH KE JEPANG DAN SAYA SANG BERTEIMA KASIH DENGAN ADANYA HP INI JUGA AKU BISA BELAJAR APA DAN MENAGAPA JEPANG ITU


投稿日付: 2004年 05月 04日 05:56
名  前: Aldi
e-mail : roppongihell@yahoo.com
URL : http://www.geocities.com/roppongihell
タイトル: Terima kasih

Homepage Anda memberikan saya inspirasi.


投稿日付: 2004年 05月 02日 21:06
名  前: tedi
e-mail : gantira_akbar@eudoramail.com
タイトル: aizuchi

saya ingin bertanya tentang dasar pembagian makna aizuchi..


投稿日付: 2004年 04月 29日 15:30
名  前: Nada
e-mail : nada_ade@yahoo.com
タイトル: tolong carikan saya referensi

Nama saya Nada. Saya mahasiswi tk.4 Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Saya baru memulai menulis ronbun dengan judul "analisis kesulitan belajar tata bahasa (bunpou) bahasa jepang pada mahasiswa program pendidikan bahasa jepang". bisakan anda memberikan referensi buku apa yang saya harus baca dan dimana saya bisa menemukannya?...onegasishimasu.


投稿日付: 2004年 04月 27日 21:34
名  前: Seriyawati
e-mail : seri27@bintang7.net
URL : http://www.bintang7.net
タイトル: Terima kasih

こんばんは、初めまして、セリと 申します。どうぞ よろしく。Saya sekarang tinggal di Nagoya bersama suami yang orang Jepang dan dua putri kembar. Saya ingin menyampaikan terima kasih banyak untuk ulasannya tentang mesjid Kobe. Kebetulan saya perlu bahan untuk bulletin tentang mesjid-mesjid yang ada di Jepang, terutama tentang mesjid Nagoya. Doumo arigatou gozaimashita.
Salam kenal juga buat pembaca ya...^-^


投稿日付: 2004年 04月 26日 23:40
名  前: abdullah. A.md
e-mail : edoel_cvl@yahoo.com
タイトル: kamus

takasimura


投稿日付: 2004年 04月 26日 10:24
名  前: Setyo Nugroho
e-mail : setyonugroho@telkom.net
タイトル: tabun watashi ga sukoshi tetsudaemasu.

saya pernah mendapat informasi tentang hubungan bahasa jepang dan jawa, mungkin saya bisa sedikit membantu.


投稿日付: 2004年 04月 25日 20:10
名  前: Z~nti
e-mail : zantiandriani@plasa.com
URL : http://surauqu.bravejournal.com
タイトル: salam kenal

hallo,
saya zanti from Indonesia. Sennag bisa menemukan situs anda ...mungkin saya bisa bertanya banyak tentang jepang dan study di sana, karena saya juga tertarik untuk belajar disana...
terima kasih.


投稿日付: 2004年 04月 22日 13:09
名  前: Febriana
e-mail : Kawaii_ann1985@yahoo.com
タイトル: Ingin mengetahui dunia pendidikan khususnya Universitas di Tokyo,Japan

Ohayou Gozaimashu,Ogenki desu ka? Hajimemashite watashi no namae wa Febriana desu. Ann to yonde kudasai. Saya mahasiswa dari Mulawarman Daigakko from East Kalimantan. Fakultas Ekonomi progam study Management Account. Saya ingin melanjutkan study saya di Jepang, sekarang ini saya ingin mencari informasi tentang fakultas Ekonomi Universitas di Jepang/Tokyo untuk melanjutkan ke S1 dan bila selesai saya juga akan berencana melanjutkan S2.Sekarang ini saya sedang membutuhkan informasi, maukah anda menolong saya. Dan bila saya boleh tau dimana alamat anda sekarang? Saya sangat menghargai anda. Domo arigatou gozaimashu m(_ _)m


投稿日付: 2004年 04月 22日 02:18
名  前: wiji
e-mail : wiji_abadi@yahoo.com
タイトル: nikah

bagaimana nikah dengan orang jepang


投稿日付: 2004年 04月 20日 15:22
名  前: herna
e-mail : raulpray82@yahoo.com
タイトル: saya ingi kenal jepang

bagaimana injil disana, bagaimana budaya disana, siapa yang dapat saya hubungi dijepang orang kristenya, dapatkah saya belajar bahsa jepang?


投稿日付: 2004年 04月 17日 22:14
名  前: Febriana
e-mail : Kawaii_ann1985@yahoo.com
タイトル: Saya ingin tahu informasi beasiswa fakukltas ekonomi di Fukuoka

Secepatnya saya ingin tahu.Maukah anda mencari profesor untuk saya selama kuliah di jepang. Terima kasih atas kerjasamanya.OTESSU KAKETE SUMIMASEN.ONEGAI SHIMASU. ARIGATOU GOZAIMASHU.


投稿日付: 2004年 04月 17日 04:21
名  前: Gunarso
e-mail : Gunnarrso@yahoo.com
タイトル: bahasa

menurut saya bahasa indonesia anda sudah cukup bagus dan mudah dimengerti


投稿日付: 2004年 04月 16日 13:17
名  前: januar
e-mail : si_amang@plasa.com
タイトル: terimakasih

wah,ternyata isinya bagus sekali.cuma karena kesibukan mr.ishizawa saja isinya jarang di up date.tapi saya suka.


投稿日付: 2004年 04月 08日 18:20
名  前: inez
e-mail : shin_kurei@yahoo.com
タイトル: terima kasih!

konnichiwa, ogenki desuka. namae wa inez desu, dozoo yoroshiku onegaishimasu, takeshi san! saya seorang pelajar SMU kelas 1 di jogja, dan saya juga sangat menyenangi kebudayaan serta hampir semua hasil karya jepang. terutama, saya penggemar musik jepang, manga dan anime. saya juga bermimpi bisa pergi ke jepang. menurut saya, jepang adalah negara yang indah dengan culture yang sangat menarik. tetapi akhir2 ini saya sedih, karena sepertinya dunia internasional termasuk jepang menganggap indonesia tidak baik. tetapi saya sekarang senang sekali karena ternyata ada orang jepang yang begitu peduli terhadap indonesia tanpa mengesampingkan sudut pandang jepang. saya tidak bisa mengucapkan apa-apa kecuali terima kasih, arigatoo gozaimasu. dan saya masih tetap bermimpi pergi ke jepang. saat ini saya sedang mengikuti seleksi program pertukaran pelajar selama satu tahun. semoga saya bisa ditempatkan di jepang. saya mohon dukungan dan doa ya! ja, mata aimashou.


投稿日付: 2004年 04月 06日 15:45
名  前: X JAPAN/ OSAKI YUTAKA,nm samaran
e-mail : ALL2USED@TELKOM.NET
URL : http://www.arimasendesu.ke.do
タイトル: 4 TAHUN 10 BULAN ILEGAL DI JEPANG

はじめまして、、、私は アリです。インドネシア人です。よろしく おねがいします。 
TAKESHI SAN E. PERTAMA TAMA SAYA MOHON MAAF JIKALAU SAYA MENULIS DI BUKU TAMU INI HANYA INGIN BERCERITA TENTANG PENGALAMAN SAYA SEWAKTU DI JEPANG. SAYA BERHARAP SEMOGA ADA MANFAATNYA KEPADA ORANG INDONESIA YANG BELUM PERNAH KE JEPANG.PALING TIDAK MEREKA BISA SEDIKIT TAHU TENTANG KEBERADAAN ORANG INDONESIA YANG HIDUP DAN BEKERJA DI JEPANG. SEKALI LAGI も一ど ごめんなさい。TAKESHI SAN SUMIMASEN,,NE.

baiklah saya akan mulai bercerita. ehemmm,,,,,
pada tahun 1997-okt saya berangkat ke jepang menuju politechnik untuk tarining sebulan penuh di sana. tepatnya di pulau hokkaido ,kota hakodate. jurusan saya tehnik konstruksi bangunan juga arsitecture. setelah sebulan penuh saya berangkat ke tokyo teruz ke osaka.disanalah tempat /induk perusahaan saya.yang cuma berdua dengan teman saya yang sama2 dari sulawesi. setelah samapai disana sudah ada senior kami yang telah menunggu kedatangan kami. mereka sudah hampir 2 tahun bekerja diperusahaan itu. asal mereka ada yang dari medan dan juga dari jawa(cilacap),dan aceh. dengan kedatangan kami mereka sambut dengan gembira. direktur kami sangat baik terhadap kami,mulai dari kaoskaki sampai baju,selimut,sampai uang bonus kami selalu di kasih. bayangkan saya saya baru seminggu kerja langsung dikasih bonus 30000,yen. sama dengan teman saya,bagaimana dengan senior-senior saya yang lain. memang perusahaan di tempat kami bekerja adalah perusahaan keluarga. namun capiltalnya cukup memadai didukung dengan alat berat pasti lengkap. kami opekerja orang indo- cuma ada 5 orang.
apa jenis kerja saya di perusahaan itu..?
setelah saya tiba di perusahaan,dan bekerja di sana ,saya merasa sangat tertekan bukan karena direktur perusahaan ,tapi kepala group kerja kami yang suka dan terus marah-2 kepada semua kami.juga terutama saya yang belum begitu bisa bahasa jepang. itu saya sangat merasakan hal itu. disiplin yang tinggi,,mualai dari pagi kita bangun tidur sampai malam kembali ke tempat tidur itu setiap hari harus di tulis alias dicatat ,apaapa saja yang dikerjakan pada hari itu. ini,,apa? kata hati saya yang selalu melawan.

melihat dari janjipekerjaan yang dijanjikan semenjak masih diindonesia,kenyataanya sangatjauh 380 derajat perbedaannya dengan kenyataan yang ada di lapangan. jenis apakah pekerjaan saya disini. para pembaca yang budiman,jikalau anda menarik membaca tulisan ini,bilang yach,melalui buku tamu ini,agar saya bisa melanjutkan cerita tentang kehidupan saya dan teman2 yang punya banyak suka dan duka sampai ke 4tahun10bulan selanjutnya. NEXT-BERSAMBUNG-tsusuku-つつく、、,,tunggu nanti yach、he,,he,,he,,,


投稿日付: 2004年 04月 06日 12:34
名  前: BURHANUDDIN ALI
e-mail : ali25@telkom.net
URL : NONE
タイトル: HAJIMEMASHITE /MINTA TOLONG

はじめまして。アリです。インドネシア人です。よろしく おねがいします。TAKESHISAN ,SAYA MAU MINTA TOLONG NICH. APAKAH ANDA BISA MENERJEMAHKAN DARI BHS.INDONESIA KEBHS JEPANG ,KALAU BOLEH NANTI SAYA AKAN KIRIM BAHANNYA KE EMAIL BAPAK. KALAU BERSEDIA SAYA UCAPKAN BANYAK-BANYAK TERIMAH KASIH. ありがとう いっぱいーいっぱいです。はじめて たけしさんのホームページ みたら、ほうんとに うれしかったです、なんで? おもしろかた、だから、、ね。すごく インドネシア語LANCARでした。 じゃ また、、です、、ね。 メールにへんじください、、ね。 私は 日本語 ばらばら、、だね。すみません、、ね


投稿日付: 2004年 04月 06日 00:51
名  前: saipul bahrain
e-mail : santri_wan@maktoob.com
URL : http://
タイトル: salam kenal

salam kenal dari saya, saya gembira dapat tahu website ini, saya merasa anda seperti orang indonesia asli, saya sekarang sedang belajar bahasa jepang sendiri dirumah, kasihan ya... kalau saja ada yang bisa bantu kirimin aku buku atau kamus untuk belajar bahasa jepang ini,
nama ; saipul bahrain
alamat : 8 wahran st, rab'ah adawea nasr city cairo egypt
no HP : +20103866796


投稿日付: 2004年 04月 06日 00:45
名  前: saipul bahrain
e-mail : santri_wan@maktoob.com
タイトル: selamat berjuang

selamat berjuang kami ucapkan kepada semua yang mempertahankan budaya jepang, saya sendiri tertarik dengan budaya jepang, dan ingin mengenal lebih dekat lagi tentang budaya ini,


投稿日付: 2004年 04月 05日 10:59
名  前: Anny
e-mail : frk_muharamainy@yahoo.co.jp
URL : -
タイトル: Bahasa Indonesia anda bagus sekali

Perkenalkan saya anny, ibu rumah tangga yang tinggal di jepang, saya salut dengan home page anda yang menggunakan bahasa indonesia dengan bagus.
Dan salam kenal buat ibu-2 juga buat semuanya.


投稿日付: 2004年 04月 02日 15:08
名  前: mety astari
e-mail : metyastari@yahoo.com
タイトル: belajar bahasa Jepang

hajimemashite,watashi wa mety desu.douzoyorushiku onegaishimasu.saya kagum dengan anda,karena bahasa indonesia anda bagus sekali.saya sekarang belajar bahasa Jepang di Universitas Nasional Jakarta.saya sedang buat paper tentang Restorasi Meiji.Apakah anda bisa bantu saya?Apakah anda mengetahui website yang ada penjelasan mendetail tentang Restorasi Meiji?Dan saya juga mohon bantuan anda untuk mengajari saya tentang bahasa Jepang.Terima kasih atas bantuannya...


投稿日付: 2004年 04月 01日 22:08
名  前: eko supriyadi
e-mail : rangga_sena2000@yahoo.com
タイトル: ingin bersahabat

saya sekarang di tokyo dan ingin bersahabat dgn anda sudi kiranya menerimanya


投稿日付: 2004年 03月 23日 12:07
名  前: amma
e-mail : gemini_210683@yahoo.com
タイトル: manga

hajimemashite, watashiwa ammadesu nohongono gakuseidesu,douzoyoroshikuonegaishimasu. saya sangat terkesan sama Homepage anda. dan ingin minta tolomg. Say sementara ini sedang menyusun skripsi tentang manga (komik jepang) dan selama ini saya sangat sulit mendapatkan bahan ntuk tulisan karya tulis ini. saya harap bapak bisa membatu saya memberikan bahan-bahan tulisan yang saya butuhkan.Atas bantuannya saya ucapkan trimakasih banyak. Doumo arigatogozaimasu


投稿日付: 2004年 03月 19日 01:10
名  前: maya fajar
e-mail : m_aya52000@yahoo.com
タイトル: Mail Perdana: "yokatta..Saya beruntung menemukan HP ini!!!

Toyohashi, 12.45 waktu Jpg Tengah,19 maret 2004.
Pertama-tama, Domo Arigatou Gozaimashita kepada Bapak Takeshi yang Cerdas...
Kmdn, perkenalkan, Saya (33th/p/menikah/4 anak) saat ini sdg berada di Jpg mengikuti Suami sbg Mhsw Prog.S3 di Tyhs Univ.of Tech.plus bersama ke-4 org anak. "Taihen desho nee.."begitu kata hampir setiap Nihon jin yg saya kenal..Hampir setahun saya disini. Ketika tiba dulu..Sakura/Chery Blossom menyambut kedatangan kami dan sekarang Sakura akan datang lagi..Saya amat suka dg Sakura...Totemo kirei..seperti saya menyukai HomePege Bapak ini..
Bagaimana kabar Bapak dan keluarga saat ini (karena saya tidak menemukan kabar terbaru Bapak di sini)? Semoga sehat selalu...sehingga saya bisa berkomunikasi lebih jauh dg Bapak, karena banyak yg saya ingin ketahui segala hal ttg Jepang.
Dan di HomePage Bapak ini saya menemukan sebagian hal yg saya cari...Honto!! Dan yg paling penting..adalah saya bisa berkomunikasi dg bapak ttg hal2 lain yang saya ingin tahu.
Saat ini saya beruntung karena menemukan HomePage ini...Teman Nihon jin saya bilang kalo saya beruntung(dia sdg bljr Ego).."you are Lucky!!!".
Sekian dahulu mail perdana saya..semoga ini jadi Awal yg Baik bagi Saya..


投稿日付: 2004年 03月 18日 18:35
名  前: Ichi Suslia
e-mail : ichi_rmgindo@cbn.net.id
タイトル: Meskipun susah, saya suka bahasa dan budaya Jepang. Salah satu cara cepat untuk dapat mengerti nihon jin no nichi jo yaitu Nonton Filmnya yang tentunya harus ada texs terjemahanya (jimoku?)- melalui VCD, DVD atau VHS. Terus nontonnya jangan sekali diputar 2 - 3 kali. Dengan demikian kita bisa terbiasa dengan expresi expres baha yang sering kita temukan di text book nihongo. Pak Takeshi - SALUT saya untuk bapak.

saya belum mengerti "massage anda harus diisi" ini


投稿日付: 2004年 03月 18日 09:38
名  前: galuh
e-mail : love_niichan@yahoo.com
タイトル: pertama kali baca!

saya baru pertama kali baca tulisan anda. dulu pernah membuka web ini tapi belum ada isinya. tapi saya belum baca semuanya jadi belum bisa memberi komentar. saatini saya kuliah di Sastra Jepang UGM. yoroshiku onegai shimasu!


投稿日付: 2004年 03月 15日 17:59
名  前: indah
e-mail : indago_pip@plasa.com
タイトル: origami

salam



kjckf,ca

falsafah origami (seninya)


投稿日付: 2004年 03月 13日 21:53
名  前: Miftahul Anam
e-mail : doelanam@yahoo.com
URL : http://institutnews.tripod.com
タイトル: ucapan terima kasih

Saya mahasiswa studi agama-agama UIN Jakarta. Tulisan-tulisan yang terdapat dalam web ini amat membantu saya dalam studi. Karena itu, saya amat beruntung mendapatkannya. Terima kasih.Kalau redaksi tak keberatan, saya akan sangat berterima kasih bila setiap ada tulisan baru yang dimuat, saya diberikan informasi. Sekian dulu, terima kasih. Salam perjuangan.


投稿日付: 2004年 03月 11日 15:37
名  前: Haris Nurfadhilah
e-mail : cintaremaja@lycos.com
タイトル: Hai...

Ishizawa, artikel anda bagus. Saya salut dengan ketekunan anda mengulas budaya Indonesia dan Jepang. Sering-sering diupdate ya.. SEMANGAT!! Ada rencana untuk membahas anime untuk melengkapi artikel tentang manga-nya? Oh ya.. waktu di UGM dulu kuliah jurusan apa?


投稿日付: 2004年 03月 09日 17:36
名  前: iman
e-mail : ei4man@yahoo.com
タイトル: suka

bagus...


投稿日付: 2004年 03月 05日 22:51
名  前: m. kasum
e-mail : misthuman@yahoo.com
URL : www.gecities.com/calcoem
タイトル: kenalkan teman-teman anda

kenalkan teman-teman anda bersama emailnya kirinm melalui e-mail saya


投稿日付: 2004年 03月 04日 15:34
名  前: rinda
e-mail : yayang4784
タイトル: haiii!

Saya sangat tertarik dengan jepang. senang sekali rasanya bisa mendepatkan homepage ini. bisakah anda mengirimkan beberapa artikel tentang kebiasaan orang jepang sehari-hari, karena saya membutuhkannya untuk tugas kuliah saya. bagaimana cara mendapatkan beasiswa belajar di Jepang? Saya juga tertarik untuk belajar bahasa jepang,Saya sudah membeli beberapa buku. bagaimanacaranya supaya bisa berbahasa jepang?


投稿日付: 2004年 02月 25日 21:46
名  前: Ayu
e-mail : iu_hanif@yahoo.com
タイトル: Ucapan terima kasih

Saya dari Indonesia, saya senang dengan adanya homepage ini.Ini membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah saya.Terima kasih, semoga saya dapat belajar di negara anda.


投稿日付: 2004年 02月 24日 17:31
名  前: Atie
e-mail : atie_jp@yahoo.com
URL : Belum ada
タイトル: Hajimemashite

Hajimemashite, Pak Takeshi..home pagenya sangat bagus dan berguna buat peminat hal-hal tentang jepang. Saya ingin tau lebih banyak tentang pendidikan anak-anak di Jepang, khususnya pendidikan (pola asuh keluarga Jepang) terhadap anak-anaknya. Tolong diinformasikan lebih lanjut. By the way, bahasa Indonesia Pak Takeshi bagus sekali. Doumo Arigatou..


投稿日付: 2004年 02月 20日 15:58
名  前: SRI WAHYUNINGSIH
e-mail : Sri_Wahyuningsih90@yahoo.com
URL : -
タイトル: HAJIMETE NE.

Konichiwa, watashi wa nihon go gakusei desu. Bung Hatta ni Padang no indonesia desu. nihon ga suki dane.Ja mata.


投稿日付: 2004年 02月 17日 18:12
名  前: hamiko senota /miko
e-mail : elangluka@yahoo.com
タイトル: salam kenal

saya tertarik sekali dengan kebudayaan jepang,site anda sangat membantu saya.salam kenal


投稿日付: 2004年 02月 12日 13:09
名  前: BUDI PRAYITNO
e-mail : fa1@jvc-jein.co.id
タイトル: KOMENT

INI BAGUS SEKALI


投稿日付: 2004年 02月 08日 11:57
名  前: Dina A
e-mail : Shapia@plasa.com
タイトル: ?????1!!!!

Saya sangat suka dengan tulisan-tulisan anda,karena saya sangat tertarik pada jepang.Tapi saya saat ini kesulitan pengucapan dan eksprisi saat saya bicara bahasa Jepang. Tolong Anda membantu saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dibacanya messsge saya.Thank you so much.!!!


投稿日付: 2004年 02月 06日 17:04
名  前: Paul
e-mail : von_de_javu
タイトル: Rottweiler

Salam kenal.Saya tahu HP anda dari buku majalah anjing "Dog Fans".Dalam kesempatan ini saya ingin menanyakan,apakah di negeri Jepang juga banyak penggemar anjing trah Rottweiler ? Kalau memang banyak,tolong dong kirim ke email saya alamat,email,atau homepage-nya. Terima Kasih Sebelumnya.


投稿日付: 2004年 02月 05日 21:54
名  前: sizukka
e-mail :
タイトル: doraemon

saya ingin tau lebih banyak tentang budaya jepang untuk melengkapi tugas skripsi saya


投稿日付: 2004年 02月 02日 17:03
名  前: dr.daniel
e-mail : drz_she@yahoo.com
URL : -
タイトル: tentang jepang

harap beri saya informasi tentang keseluruhan jepang baik politik budaya dllnya


投稿日付: 2004年 01月 30日 21:03
名  前: Dudi Ahyadi
e-mail : dna2@mailasia.com
URL : www.dudihome.tk
タイトル: Cari College of Anime

Pak Takashi (Kalau boleh saya panggil pak), Saya seorang mahasiswa tingkat akhir (Jurusan Teknik Informatika)yang bercita-cita ingin melanjutkan ke jenjang s2. Tapi yang saya cari pendidikan animasi di Jepang. Kira-kira apa ada beasiswanya? Dengar-dengar kalau kuliah di Jepang living cost-nya mahal ya? Tolong di kasih saran. Terima Kasih.


投稿日付: 2004年 01月 29日 19:28
名  前: Nurlinawati
e-mail : Nurlinawati@lycos.com
URL : belum ada
タイトル: komentar ttg homepage pak takeshi dan pertanyaan

Pak Takeshi bagus tuh homepagenya, bhs indonesia Pak takeshi bagus sekali, wah bisa ngga ya saya berbahasa jepang sebagus bahasa indonesia Pak Takeshi?


投稿日付: 2004年 01月 29日 12:05
名  前: Jennie
e-mail : Inuyashamail@yahoo.com
タイトル: Igo

Hajimemashite, Takeshi san to minna san ^-^. Sebagai salah satu pecinta "All about Japan" (anime, manga, music, culture) saya senang dengan adanya HP ini. Selain ditampilkan dalam bentuk bahasa Indonesia ^^, pembahasan artikelnya juga sangat menarik! Takeshi-san, hountouni arigatou gozaimasu ^-^. Kebetulan, saat ini saya sedang mencari data tentang DUNIA IGO ( sejarah, interior, cara permainan dll) untuk keperluan skripsi. Oya, saya mahasiswi fakultas Seni Rupa dan Desain jurusan Desain Interior di Jakarta. Kira-kira dimana saya bisa mendapatkan informasi / masukan artikel mengenai IGO ? Jika tidak keberatan, mohon dikirimkan via email saya. Arigatou, Minna-san ^-^


投稿日付: 2004年 01月 27日 15:30
名  前: Nia
e-mail : nia_sarnubi@yahoo.com
タイトル: KEREN

Saya senang sekali dapat menemukan HP ini. Terus terang, HP anda keren abis! Bisakah belajar bahasa Jepang via internet?


投稿日付: 2004年 01月 26日 15:55
名  前: Felicitta
e-mail : felicitta_wuryandani@yahoo.com
タイトル: hajimemashite

konnichiwa! watashiwa felicitta desu, jakarta kara kimashita. yoroshiku onegaishimasu. senang berkenalan dengan orang jepang yang sudah fasih bahasa indonesianya. saya ingin melanjutkan S2 di jepang melalui beasiswa monbukagakusho. bisakah anda membantu saya mencarikan professor di universitas negeri jepang yang bersedia menjadi profesor pembimbing saya dan memberikan letter of acceptance. bidang yang ingin saya ambil personnel management atau business administration. terima kasih


投稿日付: 2004年 01月 25日 02:25
名  前: Lia
e-mail : au_liachan@yahoo.co.jp
タイトル: Salam kenal

Salam kenal dari Jepang. Saya adalah seorang Jepang. Saya mau cari teman di Yogyakarta. Saya akan bisa mengajar bahasa Jepang, tapi tolong ajarin bahasa Indonesia dan Jawa untuk saya. Saya menunggu email dari anda. Terima kasih.


投稿日付: 2004年 01月 22日 13:43
名  前: Dylela
e-mail : dlin_77@yahoo.com
タイトル: Salam perkenalan

Salam sejahtera, Saya hanya browsing sambil mencari bahan untuk tesis saya. Dan saya terjumpa website saudara secara tak sengaja. Pertama kali saya tahu ada orang Jepun yang bagus bahasa Indonesianya. Saya harap dapat baca habis maklumat yang ada, cuma tak berkesempatan. Saya dari Malaysia, Kuala Lumpur. Salam perkenalan...


投稿日付: 2004年 01月 19日 13:56
名  前: Rosinta
e-mail : shinta_yoi@yahoo.com
タイトル: Hello....

Saya akan menjadi pengunjung setia homepage anda, terimakasih atas informasi-informasinya


投稿日付: 2004年 01月 17日 15:26
名  前: avis dr
e-mail : cewekpurwokerto@yahoo.com
タイトル: salam kenal

salam kenal kepada saudara yang telah menulis rubrik ini selama 4 tahun. berat memang untuk mempertahankan sesuatu yang sudah lama berjalan. saya doakan semoga saudara tetap exist dan jangan putus asa. selamat berjuang


投稿日付: 2004年 01月 15日 18:21
名  前: ignatius erick yulian
e-mail : xonelifeforveganx@yahoo.com
タイトル: terjemahan ke indonesia ke jepang

saya sangat tertarik dengan bahasa jepang, dan sekarang saya juga belajar bahasa jepang di tempat les lembaga indonesia jepang di yogyakarta. saya juga punya teman wanita orang jepang, dia asli dari jepang, dan dia tinggal di jepang. kami sampai sekarang masih kontak dengan dia, tetapi bahasa jepang saya masih begitu minim sekali, kerena itu saya masih kesulitan untuk menerangkan sesuatu artikel dari bahasa indonesia ke dalam bahasa jepang. saya ingin menayakan ke pada bapak mengenai biaya menerjemahkan itu apakah memerlukan biaya ? kira kira sampai berapa ?,kalau ada biaya untuk membayarnya, bagaimana cara membayarnya ?. terjemahannya dari indonesia ke jepang. sebelum dan sesudahnya atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih.


投稿日付: 2004年 01月 12日 19:18
名  前: agung handoyo
e-mail : agunghandoyo@yahoo.com
タイトル: salam kenal

saya orang yang senang banyak teman, so i hope anda bersedia menjadi teman saya.


投稿日付: 2004年 01月 10日 16:57
名  前: Norita
e-mail : milist_noi@yahoo.com
タイトル: menarik......banget

Salam kenal...
Saya sedang iseng membantu adik saya yang sedang mencari bahan tugas kuliah sastra Jepangnya tentang Sejarah Jepang, ternyata ketemu homepage ini.
Menurut saya homepage ini sangat menarik, banyak hal unik tentang Jepang yang saya baca, seperti berkunjung ke suatu taman bermain yang terbesar di dunia, gak cukup sehari untuk membaca semua isi homepage ini.
Ada sedikit saran, latar untuk Ringkasan Sejarah Agama Baru Jepang warnanya membuat tulisan sulit dibaca, mungkin dapat dipertimbangkan lagi untuk mengganti latar atau mengubah hurufnya. Satu lagi, tempat untuk menulis message ini tolong diperlebar, agar mudah dalam mengetik dan membaca ulangnya.
Baru sekali ini saya membaca pendapat orang Jepang sendiri mengenai komik Jepang, ternyata komik Jepang sangat beragam, tidak semuanya bertipe mirip seperti yang beredar di Indonesia.
Bahasa Indonesia yang digunakan di homepage ini lumayan bagus, mudah dibaca, tidak terlalu kaku. tidak menyangka yang membuat adalah orang Jepang.
Selamat...semoga sukses untuk Bapak Ishizawa


投稿日付: 2004年 01月 09日 17:17
名  前: endah nurdini putri
e-mail : enp@lintasarta.co.id
タイトル: belajar bahasa jepang

Konichiwa,

Selamat siang, nama saya Endah Nurdini Putri. Umur saya 19 tahun saya bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta, Indonesia. Sebenarnya saya sudah tertarik dengan negeri Jepang sejak lama, dan saya mulai dengan mempelajari huruf - huruf Jepangnya terlebih dahulu, huruf hiragana dan huruf katakana tapi saya belum bisa belajar huruf kanjinya karena saya belajar sendiri tidak ada yang membimbing. Saya mempelajari sedikit bahasa jepang di sela - sela kegiatan saya.

Setelah melihat dan membaca situs Bapak Ishizawa saya tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang kehidupan dan bahasa jepang itu sendiri. Saya sangat berharap semoga Bapak Ishizawa dapat membantu dan membagi ilmu dengan saya bila Bapak tidak keberatan.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


投稿日付: 2004年 01月 08日 10:19
名  前: adidjoko
e-mail : adidjoko@telkom.co.id
タイトル: apa kabar jepang

halo apa kabar semua rekan di jepang bagaimana kalaua kita buat milis masalah jepang-indonesia, pasti banyak ragam pendapat yg saling membangun


投稿日付: 2004年 01月 07日 18:38
名  前: Anjar
e-mail : clasicboy_no8@yahoo.com
タイトル: Cari buku Igo

Saya baru menyukai permainan ini tapi masih binggung cara menjalankannya, meskipun begitu cara mainnya sudah tahu. Saya ingin bertannya dimana saya mendapatkan buku tenyang teknik main Igo.
atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih
Wassalam;

Anjar


投稿日付: 2004年 01月 06日 20:31
名  前: Jaswadi Jayus
e-mail : Jaswadi_73@yahoo.com
タイトル: Saya senang membaca homepage Anda, kiirmi kami tulisan tentang kebudayaan Jepang

Lanjutkan terus


投稿日付: 2004年 01月 05日 21:41
名  前: Livron
e-mail :
URL : http://www.livron.cjb.net
タイトル:

Wah.. bahasa Indonesianya fasih skali yaaa...
Web anda juga sangat informative.
Brapa tuh biayanya kalo mau terjemahin Indonesia Jepang? (ehehehehe...).


投稿日付: 2004年 01月 01日 16:55
名  前: ISHIZAWA Takeshi
e-mail : QWK06417@nifty.ne.jp
URL : http://www.02.246.ne.jp/~semar/
タイトル: bukutamu yang tahun lalu sudah pindah

Selamat tahun baru.
bukutamu yang tahun 2003 sudah pindah ke
http://www.02.246.ne.jp/~semar/bukutamu2003.html
silakan klick "membaca Buku Tamu yang lalu".